Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Membeli Meja Countertops untuk Dapur? Pertimbangkan 4 Hal Ini

Kompas.com - 11/04/2022, 16:44 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Countertops atau meja dapur adalah salah satu fitur penting yang wajib dimiliki setiap dapur.

Countertops menjadi tempat utama untuk menyiapkan makanan, memotong bahan-bahan makanan, hingga memasak

Baca juga: 5 Material Meja Countertops Terbaik Menurut Para Ahli

Selain itu, countertops juga bisa memperdalam keindahan desain dapur. Namun, sebelum memilih meja countertops, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan guna menemukan yang paling cocok untuk dapur impian Anda.

Lantaran banyaknya pilihan meja countertops, terkadang membuat kewalahan dan bingung memutuskan mana yang paling cocok untuk dapur. 

Nah, agar tidak terjebak pada kebingungan, dikutip dari My Decorative, Senin (11/4/2022), berikut sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih meja countertops terbaik untuk dapur. 

Baca juga: 6 Fitur Pelengkap Meja Kitchen Island untuk Memaksimalkan Dapur

Bagaimana Anda menghabiskan waktu di dapur?

Ilustrasi dapur bergaya mewah, ilustrasi dapur putih. Unsplash/Zac Gudakov Ilustrasi dapur bergaya mewah, ilustrasi dapur putih.
Gaya hidup merupakan salah satu faktor penentu desain interior. Bagaimana Anda menggambarkan penggunaan dapur sehari-hari sangat penting saat mencantumkan harapan Anda dari meja ideal Anda.

Misalnya, apakah Anda senang ditemani orang saat memasak? Jika demikian, Anda mungkin ingin menciptakan ruang ekstra untuk duduk.

Sebuah kitchen island akan berfungsi sebagai ruang hidup untuk Anda dan keluarga. Pertimbangkan memilih countertops ramah anggaran jika berencana menggunakan dapur sebagai tempat istirahat.

Namun, bila Anda suka memasak, pilih meja countertops yang lebih fungsional dan tahan lama. Anda bahkan dapat menyatukan meja yang berbeda untuk tujuan lain. 

Baca juga: Tips Memilih Pencahayaan yang Tepat untuk Kitchen Island

 

Apakah bersedia meluangkan waktu untuk perawatan countertops?

Perawatan setiap meja countertops berbeda, tergantung material atau bahannya. Beberapa meja countertops memerlukan pembersihan dan perawatan mendalam secara teratur, sedangkan sebagian tidak memerlukan perawatan khusus.

Misalnya, Anda harus membuat minyak countertops dari soapstone setahun sekali. Sebaliknya, meja countertops dengan material kuarsa tidak memerlukan perawatan khusus, cukup dengan pembersihan rutin. 

Karena itu, Anda harus mengetahui material countertops favorit Anda dan bersedia meluangkan waktu mempertahankannya dalam waktu yang lama. 

Baca juga: 5 Alasan Perlu Memiliki Meja Kitchen Island di Dapur

Warna countertop mana yang paling cocok untuk desain dapur Anda?

Ilustrasi dapurShutterstock/Breadmaker Ilustrasi dapur
Anda tidak perlu membatasi ekspektasi dengan fungsionalitas saat memilih meja dapur ideal. Setiap material meja countertops memiliki permukaan unik yang dapat menambah keindahan dapur.

Misalnya, jika hanya memperbarui meja, Anda harus menentukan alternatif mana yang terbaik untuk keseluruhan desain dapur.

Namun, Anda tidak harus membatasi diri pada meja countertops yang memiliki warna senada dengan dapur. Anda dapat menambahkan suasana baru pada desain dapur dengan memilih warna countertops yang kontras dengan kabinet

Selain itu, bisa pula memilih meja countertops dengan warna serbaguna untuk mencocokkannya dengan warna dan gaya yang berbeda. 

Baca juga: 5 Material Meja Dapur yang Hemat Anggaran

Berapa anggaran yang dimiliki? 

Anggran atau keterjangkauan adalah faktor penting yang harus dipertimbangkan memilih meja countertops.

Pilih meja countertops dengan material berkualitas, tetapi memiliki harga yang ramah di kantong.

Misalnya, bila mempertimbangkan menginginkan marmer, tetapi harganya di luar anggaran yang dimiliki, pilih material kuarsa. Material ini terlihat mirip dengan marmer, tetapi harganya lebih murah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com