Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menggunakan Warna Cat untuk Mengubah Nuansa Ruangan

Kompas.com - 04/04/2022, 11:04 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna cat di dalam ruangan dapat membuat perbedaan dalam memberikan kenyamanan atau tidak. Bahkan, warna cat di dalam ruangan ini bisa memengaruhi cara pemiliknya melihat ruang tersebut.

Dilansir dari The Spruce, Senin (4/4/2022), warna dapat mengubah persepsi seseorang tentang ukuran dan bentuk ruangan tersebut. 

Secara keseluruhan, warna yang lebih terang dan lebih dingin cenderung surut, mereka tampak terlihat lebih jauh.

Baca juga: Cara Menggunakan Warna Cat untuk Mengubah Suansa Ruangan

Ilustrasi ruang tamu dengan nuansa hijau zamrud SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi ruang tamu dengan nuansa hijau zamrud

Warna-warna yang lebih gelap dan warna-warna yang lebih hangat akan terlihat maju, dan mereka tampak bergerak ke arah Anda.

Anda dapat menggunakan konsep ini untuk membuat ruang terlihat lebih besar atau lebih kecil, menarik perhatian ke titik fokus dan aspek positif ruang, dan menyembunyikan atau meminimalkan fitur yang tidak terlalu menarik.

Ubah ukuran

Jika ruangan sangat besar dan tidak terasa nyaman, cat langit-langit dengan warna yang lebih gelap daripada dinding agar tampak lebih rendah, sehingga membuat ruangan terasa lebih nyaman.

Sebaliknya, jika ruang membuat Anda merasa sesak, cat langit-langit dengan warna yang lebih terang, yang akan menaikkan ketinggian langit-langit.

Baca juga: Perhatikan, Warna yang Harus Dihindari untuk Ruang Tamu Sempit

Alhasil, ruangan akan terasa lebih luas. Anda juga bisa mengecat langit-langit ruang eksterior, seperti teras. Warna biru yang lembut akan memberikan ilusi langit di atas.

Perbesar ruangan

Memperbesar ruangan dengan warna yang lebih terang memungkinkan mata Anda untuk terus menjelajahi ruang, membuat ruangan tampak lebih luas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com