Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Lubang Drainase Sangat Penting untuk Tanaman Pot?

Kompas.com - 04/04/2022, 09:25 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias memang bisa mempercantik dalam atau luar ruangan rumah. Namun, aturan pertama dalam merawatnya adalah jangan membeli tanaman hias hanya karena cantik.

Selalu pertimbangkan kebutuhan air, kelembapan, dan pencahayaannya untuk memastikannya memiliki peluang bertahan di ruangan. Aturan yang sama juga berlaku untuk pot tanaman hias.

Memilih tanaman berdasarkan estetika saja tidak dibenarkan, namun harus mempertimbangkan tempat yang layak, salah satunya keadaan pot tanaman yang dilengkapi lubang drainase

Baca juga: Kenapa Ada Kerak Putih di Pot Tanah Liat? Begini Cara Membersihkannya

Ilustrasi pot tanaman, tanaman hias di dalam pot. PIXABAY/BROESIS Ilustrasi pot tanaman, tanaman hias di dalam pot.

Mengapa pot tanaman hias perlu memiliki lubang drainase?

"Anda selalu ingin menyirami tanaman Anda. Itu bermasalah jika tidak ada lubang di dasar pot karena semua air hanya akan bertahan di sana," kata Maryah Greene, pendiri Greene Piece, yang dilansir dari Mind Body Green, Senin (4/4/2022).

Greene mengatakan bahwa drainase dalam pot penting karena memastikan bahwa air didistribusikan secara merata ke seluruh akar dan tanah tanaman.

Saat tanaman berada di pot dengan lubang drainase, Anda akan tahu bahwa sudah cukup menyiraminya saat air mulai mengalir melalui lubang.

 

Baca juga: Cara Menanam dan Merawat Tanaman Tomat di Pot

Tanpa lubang, Anda tidak akan tahu kapan tanaman hijau itu terhidrasi dengan baik dan Anda akan menghadapi risiko kelebihan air yang merupakan penyebab utama kematian tanaman.

Tanpa tempat mengalir, semua air itu pada dasarnya akan menenggelamkan sistem akar tanaman. Daun terkulai, kasar atau bintik-bintik coklat juga merupakan tanda bahwa tanaman terlalu banyak air.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com