Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanaman Hias di Kamar Tidur, Baik atau Buruk Menurut Feng Shui?

Kompas.com - 24/03/2022, 22:51 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain bisa menjadi dekorasi yang cantik, beberapa tanaman hias juga bisa menghilangkan racun di dalam ruangan dan memicu kebahagiaan.

Tanaman hias ini dapat diletakkan di beberapa ruangan di dalam rumah, tapi tidak di kamar tidur. Mengapa demikian? 

Baca juga: 5 Cara Memasukkan Tanaman Hias ke Dekorasi Rumah

Dilansir dari dari Mind Body Green, Kamis (24/3/2022), master feng shui, Dana Claudat, menjelaskan tanaman bersifat aktif dan mewakili pertumbuhan. 

"Mereka mungkin tidak bagus untuk ruangan pasif, tenang seperti kamar tidur" kata Claudat.

Dia mengatakan, ada banyak cara lain membawa unsur alam ke kamar tidur, termasuk berinvestasi dalam seprai katun organi atau menambahkan lampu garam merah muda untuk cahaya karang yang hangat. 

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Tidak Membutuhkan Cahaya Matahari Langsung

Ilustrasi tanaman hias di kamar tidur.UNSPLASH/SPACEJOY Ilustrasi tanaman hias di kamar tidur.
Amanda Gibby Peters, konsultan feng shui, setuju bahwa tanaman hias dapat membawa banyak energi aktif (ini dikenal sebagai Yang dalam feng shui) ke ruangan yang lebih pasif (Yin).

"Ketika ditempatkan di kamar tidur, tanaman terkadang dianggap sebagai penyebab masalah tidur. Ada terlalu banyak energi yang terjadi di kamar tidur."

Peters menyarankan kliennya mengganti tanaman yang lebih besar dengan lebih kecil atau menampilkan citra lanskap hutan daripada tanaman. Ini memberikan kamar tidur percikan hidup tanpa gangguan malam hari. 

Dia juga merekomendasikan menggunakan beberapa keindahan alam lainnya seperti kristal, batu, dan kayu apung.

Pakar feng shui, Marianne Gordon, menyarankan membawa alam bebas dengan furnitur yang terbuat dari kayu alami dan tanpa mengecatnya. 

Baca juga: 6 Tips Merawat Tanaman Hias Tetap Sehat dan Subur

Lantas, bagaimana jika kamar tidur sudah memiliki tanaman? 

Jika kamar tidur sudah dipenuhi tanaman hias, Anda tidak perlu mengubah apa pun.

Sebagian besar ahli feng shui, termasuk Maureen Calamia dari Luminous Spaces, setuju bahwa,  beberapa tanaman dapat bermanfaat, tergantung pada ruangan dan bila ditempatkan di sudut kekayaan untuk mempromosikan jenis hijau lainnya.

Arsitek dan ahli feng shui, Anjie Cho, menambahkan, beberapa aliran feng shui berpikir bahwa elemen kayu di kamar tidur benar-benar dapat membantu beberapa orang berkembang. 

Baca juga: 9 Tanaman Hias Indoor Warna-warni yang Mampu Mencerahkan Ruangan

"Elemen kayu menambahkan kualitas seperti fleksibilitas, kebaikan, pertumbuhan, dan penyembuhan ke dalam hidup Anda," katanya.

Untuk orang yang sangat lesu atau depresi, baik untuk memiliki energi yang membangkitkan semangat guna meningkatkan Chi.

"Saya pribadi memiliki tanaman di kamar saya dan menemukan bahwa tanaman itu mencerahkan dan menyegarkan ruangan," tambah Cho. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com