Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Mendekorasi Rumah? Coba Mulai dari Ruangan Ini Dulu

Kompas.com - 11/03/2022, 21:40 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika sedang berselancar di dunia maya, mungkin kamu sering menemukan beragam foto yang menampilkan dekorasi rumah yang indah.

Mulai dari, gaya rustic yang diterapkan di seluruh bagian rumah, halaman rumah yang didesain seperti kebun khas film Alice In Wonderland, hingga ruang makan bergaya minimalis.

Baca juga: 6 Permasalahan Dekorasi Rumah yang Bisa Diakali dengan Cat

Ragam pilihan desain untuk rumah atau beberapa area tertentu ini mungkin membuat kamu ingin mendekorasi rumah secara keseluruhan guna meningkatkan tampilannya.

Ilustrasi kamar tidur, ilustrasi seprai.SHUTTERSTOCK / Photographee.eu Ilustrasi kamar tidur, ilustrasi seprai.

Namun, ketika melakukan riset dan menentukan anggarannya, ternyata biaya yang diperlukan jauh dari ekspektasi. Akhirnya, mencoba mengakalinya dengan mendekorasi rumah secara bertahap.

Nah, pada tahap ini, mungkin kamu bingung menentukan ruangan mana yang perlu diprioritaskan. 

Baca juga: 7 Warna yang Cocok Dikombinasikan dengan Warna Emas

Namun, Head of Branding Dekoruma, Narendra Pryottama, mengatakan, penentuan ruangan mana yang harus didahulukan dalam proses dekorasi bergantung pada diri sendiri.

“Balik lagi, tergantung dari kita masing-masing. Apakah kita seorang single professional atau sudah berkeluarga,” ucap dia dalam konferensi pers virtual bertajuk “Kampanye Dekoruma #SatuSudutDulu”, Kamis (10/3/2022).

Sebab, setiap orang memiliki prioritas dan kepribadian tersendiri. Jadi, seharusnya kamu tidak perlu bingung menentukan ruangan pertama untuk didekorasi.

Baca juga: Hemat Bujet, Ini 7 Cairan Pembersih yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Ilustrasi dapur modular, ilustrasi dapur minimalis atau dapur kecil.Unsplash/Rune Enstad Ilustrasi dapur modular, ilustrasi dapur minimalis atau dapur kecil.

Kendati demikian, jika kamu masih merasa bingung, Narendra menyarankan mencari titik yang sering ditempati.

“Misalnya yang belum berkeluarga, bisa cari satu spot yang memang selalu menjadi tempat di mana kamu bekerja dan sehari-hari di situ,” tutur dia.

Jika kamu sering berada di kamar tidur, entah itu untuk bekerja atau kegiatan selain istirahat, ruangan ini dapat dijadikan sebagai prioritas.

Baca juga: Ingin Mendekorasi Rumah Kecil? Pilih Furnitur Bergaya Japandi

Akan tetapi, semuanya kembali lagi pada kebutuhan dan titik yang sering kamu singgahi selama berada di rumah.

“Kalau sudah berkeluarga, akan beda prioritasnya. Saat masih sendiri pun beda prioritasnya. Tapi, sudut yang dimiliki pasti punya cerita. Ketika sudutnya dirombak, akan ada cerita baru di situ,” imbuh Narendra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com