Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/03/2022, 11:01 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur adalah salah satu ruangan paling makmur di rumah mana pun. Dalam kondisi terbaiknya, ini adalah tempat inspirasi dan energi yang semarak, serta pusat kesehatan dan kekayaan. 

Meskipun Anda mungkin dapat memindahkan banyak furnitur di sekitar ruang tamu, kamar tidur, atau kantor untuk mengoptimalkan feng shui ruangan, dapur biasanya jauh lebih statis.

Dilansir dari Mind Body Green, Kamis (10/3/2022), konon, ada begitu banyak pergeseran kecil yang bisa langsung mencerahkan energi ruang. Berikut beberapa tips feng shui yang bisa membuat dapur Anda terasa jauh lebih menarik, dinamis, dan berlimpah.

Baca juga: Jangan Asal, Ini Posisi Terbaik Tempat Tidur Menurut Feng Shui

Ilustrasi dapurShutterstock/Breadmaker Ilustrasi dapur

1. Mulailah dengan membersihkan permukaan dapur

Meja dapur adalah hal penting di dapur, dan tujuannya adalah untuk membersihkan segala sesuatu dari konter yang tidak penting. Untuk memulai, gunakan campuran cuka putih dan air, tetapi pastikan untuk mencoba tambalan uji kecil sebelum menggunakan pembersih baru di konter Anda. 

Adapun yang perlu diketahui, hindari pemakaian cuka pada permukaan meja dapur marmer atau granit.

Setelah semuanya berkilau bersih dan kering, letakkan hanya barang-barang penting kembali di atas meja Anda dan sisihkan sisanya. Kemudian, lakukan pembersihan kabinet. 

2. Bersihkan oven dan kulkas

Sesi pengaturan dapur cepat dapat membantu Anda melipatgandakan ruang penyimpanan, membuang makanan kedaluwarsa, dan menemukan inspirasi untuk resep baru.

 

Baca juga: 3 Tips Feng Shui untuk Keberuntungan dan Perlindungan di Dalam Rumah

Bersihkan setiap rak dapur satu per satu. Lakukan hal yang sama untuk kulkas dan lemari jika Anda memiliki banyak peralatan masak. Kemudian, lakukan pembersihan oven.

Dalam prosesnya, Anda mungkin menemukan peralatan dapur yang jarang Anda gunakan atau loyang kue yang dapat digunakan pada proyek pembuatan kue Anda berikutnya. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com