Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Mengusung Gaya Hidup Sehat untuk Anjing Peliharaan

Kompas.com - 23/02/2022, 13:58 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika berbicara tentang gaya hidup sehat, sebagian orang menganggap bahwa hal tersebut hanya berkaitan dengan manusia.

Padahal, sama dengan manusia, hewan peliharaan seperti anjing juga perlu mengusung gaya hidup sehat guna menjaga kesehatannya. 

Baca juga: Bisakah Anjing Mengenali Pemiliknya yang Mengenakan Masker?

Hal ini diungkapkan pegiat healthy lifestyle for pets dari The Wonderbutts Family, Jessie dan Edison, dalam acara live Instagram Kompas.com Kind of Life bertajuk “Rayakan Valentine Bareng Anabul, Yuk Kenali Bahasa Tubuhnya”, Senin (14/2/2022).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kind of Life (@my.kindoflife)

“Kita berusaha menggiatkan, ingin orang-orang tahu, kalau sama seperti manusia, anjing pun sekarang sudah ada gaya hidup sehat,” ungkap Jessie.

Menurut dia, manusia bukanlah satu-satunya yang perlu berusaha menikmati hidangan dengan bahan-bahan alami.

Baca juga: Bisakah Anjing Merasakan Emosi Manusia? Ini Penjelasannya

Bahkan, ada komunitas yang mengusung gaya hidup sehat pada anjing peliharaan. Mereka tidak hanya memperhatikan makanan, tapi juga pelatihan dan produk seperti sampo sehat untuk anjing.

Ilustrasi anjing - Anjing ras English Bulldog.SHUTTERSTOCK / Rita_Kochmarjova Ilustrasi anjing - Anjing ras English Bulldog.

Dalam kesempatan yang sama, Edison mengungkapkan pihaknya mulai mengusung gaya hidup sehat bagi anjing peliharaan karena pengalaman yang cukup memilukan.

“Kita ke sana karena anjing pertama mulai sakit, baru enam bulan sudah keluar masalah kesehatan,” ujar Edison.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Anjing Menekuk Telinganya ke Belakang

Saat itu, Edison dan Jessie sudah memberikan produk yang memiliki kualitas baik pada anjing peliharaan mereka. Namun, ternyata anjing pertama mereka justru mengalami masalah kesehatan.

“Kita cari penyebabnya, ternyata gaya hidupnya sama seperti manusia (yang membutuhkan gaya hidup sehat),” kata Edison.

“Umpamanya, seperti manusia setiap hari makan mi instan tiga kali dengan daging kaleng dan tidak pernah berubah. Setelah lima tahun dan ke dokter, dinyatakan kanker, ya tidak heran,” imbuhnya. 

Baca juga: Manfaat Mengendus bagi Anjing Peliharaan

Dalam mengusung gaya hidup sehat bagi anjing peliharaan, ada faktor lain yang perlu diperhatikan selain asupan, pelatihan, dan produk yang digunakan.

Jessie menuturkan, kamu perlu mengajak anjing peliharaan jalan-jalan ke alam. Sebab, nuansa yang diberikan pekarangan rumah tentunya berbeda dengan nuansa yang diberikan alam.

“Walau punya pekarangan luas, beda dengan yang di alam, yang mana anjing bisa mencium bau banyak hewan kecil, beda banget (dengan di rumah),” ucap Jessie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com