Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakal Populer, Ini 5 Ide Mendekorasi Ruangan dengan Warna Hijau Zamrud

Kompas.com - 22/02/2022, 08:51 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bukan rahasia lagi bahwa hijau tengah menjadi warna yang bersenang-senang.

Pasalnya, hijau mendominasi daftar pilihan warna teratas dari perusahaan cat besar dan hampir semua desainer interior menyebutnya sebagai salah satu tren warna teratas sepanjang 2022. 

Baca juga: 3 Warna Hijau yang Bakal Menjadi Tren pada 2022

Tren warna pada 2022 akan berubah menjadi lebih cerah serta lebih berani. Emerald green atau hijau zamrud menjadi warna hijau dengan variasi jenuh dan semarak yang diprediksi bakal menjadi besar pada tahun ini.

Etsy, marketplace online global asal Amerika Serikat, baru-baru ini menobatkan hijau zamrud sebagai warna 2022. Emerald green melambangkan harmoni, pertumbuhan, royalti, juga kesempurnaan. 

Ilustrasi kamar tidur ala Korea, Ilustrasi kamar tidur dengan cat dinding hijauSHUTTERSTOCK/Photographee.eu Ilustrasi kamar tidur ala Korea, Ilustrasi kamar tidur dengan cat dinding hijau
Laporan Etsy menyatakan pencarian dalam situsnya untuk "item hijau zamrud" dan "dekorasi hijau zamrud" meningkat signifikan dalam beberapa bulan terakhir karena pembeli mengikuti tren. 

Baca juga: Bakal Populer di Tahun Ini, Cara Mengaplikasikan Warna Hijau di Rumah

Begitu pun, sebuah survei panel baru-baru ini dari Sherwin-Williams yang melibatkan lebih dari 400 desainer profesional menemukan hijau zamrud menduduki prediksi teratas untuk warna paling tren pada 2022. 

Hijau zamrud menawarkan efek landasan yang kuat serta cukup fleksibel dipadukan dengan hampir semua warna aksen atau netral. Ketika diterapkan dalam dosis besar, hijau zamrud memberi pernyataan berani serta mewah.

Nah, bila tertarik menghadirkan nuansa emerald green ke rumah, berikut lima ide mendekorasi ruangan dengan warna hijau zamrud dikutip dari Better Homes and Gardens, Selasa (22/2/2022).  

Baca juga: Hijau Diprediksi Bakal Jadi Warna Cat Populer untuk Rumah pada 2022 

Kabinet dapur hijau zamrud

Ilustrasi kabinet dapur dengan warna hijau zamrudUnsplash/Kam Idris Ilustrasi kabinet dapur dengan warna hijau zamrud
Tren warna datang dan pergi, tetapi daya tarik hijau zamrud tidak lekang oleh waktu. Jika Anda siap untuk perubahan berani di dapur, pertimbangkan mengaplikasi hijau zamrud untuk dinding atau kabinet dapur.

Anda bisa menjadikan hijau zamrud sebagai warna aksen untuk dinding. Gunakan cat hijau zamrud dengan hasil akhir high-gloss dan aksen emas mengkilap untuk menciptakan tampilan elegan serta memastikan warna yang intens tidak mendominasi.

Bangun kenyamanan dengan dinding hijau zamrud 

Berakar di alam dan kaya akan nada, hijau zamrud adalah warna alami yang nyaman. Gunakan secara bebas di ruang keluarga dan kamar tidur untuk mengundang relaksasi serta istirahat.

Dinding zamrud gelap dapat menyatu dengan bahan alami, termasuk kayu, kulit, dan rotan untuk menciptakan tampilan yang alami. 

Baca juga: Nyaman dan Teduh, 7 Inspirasi Dekorasi Rumah dengan Warna Hijau

 

Rancang kamar mandi hijau zamrud 

Selimuti kamar mandi dengan warna hijau zamrud untuk menciptakan suasana santai dan mewah layaknya di tempat spa.

Anda bisa mengaplikasikan keramik dinding kamar mandi hijau zamrud untuk membuat kamar mandi terasa seperti tempat spa kelas atas.

Jika tidak memiliki anggran untuk pemasangan keramik dinding, pertimbangkan mengecat ulang dinding atau meja rias dengan warna hijau zamrud. 

Baca juga: 3 Tips Mendekorasi Ruangan dengan Warna Hijau Sage 

Kombinasikan hijau zamrud dan putih cerah di dapur 

Ilustrasi dapur dengan warna cat dinding hijau. SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi dapur dengan warna cat dinding hijau.
Kombinasikan warna hijau zamrud dengan putih cerah untuk menonjolkan kecemerlangannya. Anda bisa mengombinasikan keduanya di dapur.

Misalnya, menggabungkan lemari hijau zamrud dengan meja kitchen island putih yang kontras dan backsplash ubin yang berkilauan. Cahaya alami dari dua jendela besar memantulkan kemilau halus lemari yang semakin mencerahkan ruangan. 

Baca juga: Trik Memasukkan Warna Hijau di Dapur dan Mendekorasinya

Aksen ruang netral dengan dekorasi hijau zamrud 

Hijau zamrud sangat cocok untuk menyuntikkan kehidupan dan semangat ke dalam ruangan yang sebagian besar netral.

Masukkan warna hijau zamrud ke kamar mandi dengan marmer putih dan lapisan kayu untuk menghadirkan suasana alam, tenang, elegan, serta membuatnya terasa personal dan mengundang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com