Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hijau Diprediksi Bakal Jadi Warna Cat Populer untuk Rumah pada 2022

Kompas.com - 05/12/2021, 12:00 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi virus Covid-19 telah mendorong banyak orang ke dalam hubungan yang lebih intim dengan rumah mereka sehingga banyak orang mencari cara membuat setiap ruangan di rumah lebih nyaman. 

Salah satu caranya, mengubah rumah menjadi tempat perlindungan yang menenangkan untuk memerangi stres dan ketidakpastian yang ditimbulkan pandemi

Baca juga: 7 Tips Membawa Feng Shui ke Rumah Lewat Perubahan Kecil

Dengan pemikiran ini, masuk akal jika kini muncul sudut meditasi dan membawa banyak tanaman hias ke dalam rumah.

Hal ini pun membuat tren hijau dalam rumah ikut tumbuh, yakni penggunaan cat hijau di seluruh elemen desain rumah.

Selama beberapa bulan terakhir, empat merek cat utama mengumumkan bahwa beberapa jenis warna hijau akan menjadi warna yang diprediksi bakal tren pada 2022. 

Baca juga: 7 Tips Menata Ruang Tamu Sempit Menurut Feng Shui

Menurut Sally Augustin, psikolog lingkungan sekaligus pemimpin di Design With Science, masuknya warna hijau ini kemungkinan berasal dari hubungan manusia yang mengakar dengan alam dan kualitas pendukungnya.

“Kami tahu bahwa melihat tanaman berdaun hijau dapat menurunkan tingkat stres, memperbaiki suasana hati, meningkatkan kinerja kognitif, dan memungkinka untuk berpikir lebih kreatif,” kata Augustin dilansir dari Well and Good, Minggu (5/12/2021),

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa hijau memiliki efek positif pada jiwa, baik meningkatkan optimisme dalam ingatan, perasaan nyaman dan tenang, maupun meningkatkan kinerja pada tugas-tugas kreatif. 

Baca juga: 7 Tanaman yang Ampuh Mengusir Ular dari Pekarangan Rumah

Dampak mental dari warna hijau

Ilustrasi kamar tidur dengan nuansa warna hijau.SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi kamar tidur dengan nuansa warna hijau.
Augustin berpendapat bahwa hijau memiliki dampak mental (baik yang terjadi secara alami maupun dalam dekorasi) terkait dengan masa lalu evolusioner seseorang.

Ia menduga bahwa manusia memiliki respons positif terhadap hijau lantaran pengalaman ribuan tahun lalu.

"Ketika berada di sekitar banyak tanaman hijau, itu berarti kehidupan secara umum berjalan  baik. Ada sesuatu untuk dimakan dan diminum di dekatnya dan Anda dapat membiarkan pikiran berkeliaran dengan bebas terhadap hal-hal selain kebutuhan dasar ini,” katanya. 

Baca juga: Nyaman dan Teduh, 7 Inspirasi Dekorasi Rumah dengan Warna Hijau

Dampak positif pada mental dan kecerahaan kemungkinan besar merupakan alasan utama perusahaan cat dan desainer interior sama-sama memperkirakan lebih banyak warna hijau yang muncul dalam desain rumah saat memasuki 2022. 

“Pandemi telah membuat kita semua membutuhkan perubahan pemandangan yang menenangkan,” ucap desainer Claire Zinnecker.

Zinnecker mengatakan hijau lembut tidak hanya menenangkan, tetapi juga membuat desain tetap netral dan cocok dengan hampir semua hal.  

Baca juga: 3 Tips Mendekorasi Ruangan dengan Warna Hijau Sage

Cara menggunakan cat hijau dalam desain rumah 

Ilustrasi ruang keluarga dengan warna cat dinding hijau. SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi ruang keluarga dengan warna cat dinding hijau.
Desainer Anastasia Casey, pendiri dan Direktur Kreatif di The Identité Collective, mengatakan, untuk ruangan dengan cahaya alami yang terbatas, pertimbangkan menggunakan beberapa cat hijau dengan warna lebih terang karena pasti akan terlihat lebih gelap setelah diaplikasikan.

“Jika cahaya Anda terbaca lebih hangat seperti oranye atau merah muda, Anda harus melawannya dengan memilih nada hijau yang lebih dingin. Jika ragu, pilih cat hijau yang diredam," ucap Casey.

Baca juga: Pilihan Warna Cat yang Cocok Dikombinasikan dengan Hijau 

Augustin menjelaskan, secara umum, warna yang lebih terang dan kurang jenuh lebih santai dilihat. Ia menyarankan untuk mencampur salah satu warna cat hijau tahun ini dengan cat putih untuk mendapatkan warna hijau yang lebih menenangkan.

Belum lagi, warna hijau yang lebih terang pada dinding juga bisa membuat ruangan tampak sedikit lebih besar, yang umumnya merupakan hal baik jika Anda menghabiskan banyak waktu di dalamnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com