Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Hijau, Solusi Hidup Sehat di Tengah Pandemi

Kompas.com - 27/04/2021, 16:28 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah situasi pandemi yang masih saja berlangsung, berbagai perlindungan diri, dari menjaga kebersihan, menjauhi kerumunan, hingga vaksinasi, menjadi hal yang sangat penting. Lebih dari itu, ada faktor yang tidak kalah pentingnya, yakni tata ruang di dalam rumah agar tetap aman di situasi saat ini. 

Hal ini juga diungkapkan Adib Khumaidi, Ketua Tim Mitigasi PB IDI & Ketua Terpilih PB IDI, dalam media diskusi bertema "Rekomendasi Protokol Tata Ruang dan Adaptasi Kehidupan Baru", Selasa (27/4/21). 

Baca juga: Padukan Cat Dinding Warna Hijau dengan Dekorasi Kuning? Begini Caranya

"Selain pengamanan diri sendiri, salah satu solusi agar tetap aman berkegiatan di tengah pandemi adalah adaptasi kebiasaan baru di dalam rumah, kantor, dan ruang publik lainnya."

Selain ruang publik, dalam acara tersebut, Sigit Kusumawijaya, arsitek dan ahli rancang kota sekaligus anggota IAI, juga menjelaskan, tatanan di dalam rumah yang baik juga bisa meminimalkan virus serta penyakit masuk ke rumah.

"Green building bisa mengurangi sick sindrome atau masalah kesehatan pada pemilik rumah tersebut," kata Sigit yang juga merupakan green professional (GP) GBCI dan co-inisiator Indonesia Berkebun. 

Baca juga: Feng Shui: Letakkan 6 Benda Ini di Rumah untuk Mendatangkan Kesehatan

Ia mengatakan ada beberapa kriteria rumah yang dapat dikatakan green building sehingga bisa menangkal beragam virus di dalamnya. Rumah hijau atau green building dapat mengurangi tingkat penyebaran tertular penyakit infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), termasuk pandemi Covid-19.

Rumah hijau sendiri bukan ditujukan pada rumah yang memiliki cat berwarna hijau atau memiliki banyak pohon, tapi rumah memiliki pergantian udara segar yang dapat menghilangkan polutan, baik dari penguapan racun material rumah maupun transmisi udara di dalam rumah. 

Baca juga: 5 Ide Unik Meletakkan Tanaman Gantung di Rumah

Kemudian rumah juga mendapat sinar matahari langsung untuk penerangan alami, manfaat asupan kebutuhan pro vitamin D, dan manfaat kedekatan dengan alam sebagai bagian dari elemen penyembuhan.

Sementara itu, ada beberapa poin penting membuat rumah sehat dengan konsep hijau ini, antara lain. 

Sirkulasi dan Pengkondisian Udara 

Membuang udara yang mengandung unsur-unsur toxic, yang berbahaya untuk kesehatan pernapasan. Pengondisian udara yang menjamin kenyamanan, kesehatan, dan hemat energi. 

Baca juga: Jenis Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Berbagai Area di Rumah

Material Organik 

Material organik yang mudah dibersihkan serta dirawat dapat mengurangi kemungkinan virus dan bakteria bertahan hidup. Kemudian, bangunan tidak menggunakan material asbestos yang dapat menggangu kesehatan paru-paru. 

Inovasi Smart Home 

Inovasi smart home untuk mengelola dan meningkatkan kenyamanan, keamanan, serta penggunaan energi. Dengan menggunakan sistem air purification dapat memurnikan udara. Selain itu, penggunaan panel tenaga surya untuk menghemat energi. 

Baca juga: 10 Tanaman Bunga Cantik Merambat untuk Teduhkan Kanopi Rumah

Kenyamanan Spasial Ruang 

Luas bangunan yang layak dan nyaman untuk dihuni, baik untuk kesehatan maupun psikologis. Kemudian, tata ruang yang dapat beradaptasi sesuai dengan kebutuhan sepertu ruang bekerja, belajar, dan lain-lain. Menyediakan area sanitas dan ruang untuk karantina mandiri. 

Konservasi Air 

Upaya konvervasi air untuk menjaga kualitas air tanah dan mengurangi pencemaran. 

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menanam Pohon di Sekitar Hunian

Area Hijau yang Cukup 

Untuk memberikan area hijau di dalam rumah, dapat memanfaatkan ruangan yang ada. Misalnya, ketika tinggal di apartemen, bisa memanfaatkan balkon untuk meletakkan tanaman, atau taman kecil di depan rumah. Hal ini sangat membantu menciptakan udara yang bagus di dalam rumah.

Namun, menurut Sigit, jika rumah sudah memiliki tatanan atau layout-nya sendiri, Anda dapat menerapkan green building dengan menanam berbagai tanaman di tempat yang tersedia di dalam rumah. 

Baca juga: Tak Hanya Baik untuk Lingkungan, ini Manfaat Menanam Pohon di Rumah

"Memang penerapan rumah hijau ini lebih mudah untuk rumah yang akan dibangun. Namun, jika sudah memiliki layout sendiri, Anda bisa menerapkan dengan meletakkan beragam tanaman di balkon atau area yang tersedia dan sediakan selalu tempat sanitasi atau cuci tangan di depan pintu masuk," tutup Sigit. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com