Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mencangkok Pohon Mangga, Bisa Dilakukan di Halaman Rumah

Kompas.com - 15/12/2020, 11:19 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk proses memperbanyak pohon mangga, itu dapat dilakukan dengan cara menanam benih atau melalui pencangkokan

Saat proses perbanyakan dengan biji, pohon membutuhkan waktu lebih lama untuk menghasilkan buah dan lebih sulit dikelola dibandingkan dengan yang telah dicangkok.

Oleh karena itu, pencangkokan pohon mangga adalah metode perbanyakan pohon mangga yang disukai karena mudah dan waktunya tidak terlalu lama.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Hias Calathea di Halaman Rumah

Dilansir dari beberapa sumber, Selasa, (14/12/2020), mencangkok adalah cara pembiakan vegetatif buatan yang akan membantu memperbanyak tanaman yang sifatnya sama dengan indukan.

Dengan melakukan metode pecangkokan seseorang bisa menghasilkan buah lebih cepat dan pertumbuhan pohonnya tidak terlalu besar.

Pada artikel ini, akan dibahas cara mencangkok pohon mangga dan informasi terkait lainnya dari teknik ini.

Perbanyakan pohon mangga melalui pencangkokan

Pencangkokan pohon mangga, atau pohon lainnya, adalah praktik memindahkan sebatang pohon dewasa, bantalan atau batang atas ke bibit terpisah yang disebut batang bawah.

Baca juga: Tanaman-tanaman Ini Bisa Usir Kutu di Halaman Rumah

Sebelum memulai proses pencangkokan, kamu perlu memastikan bahwa pohon mangga yang akan dicangkok adalah jenis pohon yang berkualitas baik. Pilih batang pohon yang menghasilkan buah banyak.

Yang paling penting adalah bahwa batang bawah pohon mangga kuat pada saat pencangkokan. Ukuran dan usianya dapat bervariasi, asalkan kuat dan sehat. Tapi umumnya harus berusia sekitar 6 bulan hingga 1 tahun.

Selain itu, kamu perlu memilih batang atau cabang pohon yang posisinya lurus dan mendapatkan sinar matahari yang cukup. Hal ini bertujuan agar proses fotosintesis pada pohon berjalan dengan baik dan bisa merangsang pertumbuhan akar pada batang pohon yang dicangkok.

Mencangkok tidak sulit asalkan kamu memerhatikan beberapa hal. Selanjutnya, kamu persiapkan alat yang dibutuhkan untuk mencangkok pohon mangga seperti serabut kelapa atau plastik yang berguna untuk menutup cangkokan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com