Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/12/2020, 07:02 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Bila Anda memiliki tanaman hias di rumah, baik di dalam ruangan maupun di halaman rumah, sebaiknya perhatikan apakah ada hama pada tanaman Anda.

Sebab, hama yang menempel di daun, batang, maupun buah akan menyerap nutrisi tanaman, hingga bisa menyebabkan tanaman Anda mati. Oleh karena itu, pencegahan dan penanganan hama harus dilakukan dengan baik.

Bila tanaman sudah terkena hama, tentulah yang muncul di benak adalah membasmi hama dengan pestisida atau insektisida. Ada dua jenis pembasmi hama tersebut, yakni alami dan buatan.

Baca juga: Kenali Hama dan Penyakit pada Tanaman Alocasia

Salah satu pembasmi hama tanaman alami yang aman untuk tanaman Anda adalah minyak nimba atau neem oil. Insektisida yang terbuat dari minyak nimba adalah solusi yang baik bila tanaman terdampak hama berupa serangga, kutu, maupun jamur.

Minyak nimba aman tidak hanya bagi tanaman, namun juga bagi Anda sekeluarga maupun hewan peliharaan yang ada di rumah.

Dilansir dari The Spruce, Selasa (15/12/2020), minyak nimba adalah minyak yang diproses dari biji yang diperoleh dari pohon nimba atau Azadirachta indica. Tidak hanya digunakan sebagai pembasmi hama serangga secara alami, minyak nimba juga lazim digunakan di industri kesehatan dan kosmetik.

Bagaimana cara kerja minyak nimba dalam membasmi hama?

Semprotan minyak nimba yang diarahkan pada serangga di tanaman akan mengganggu keseimbangan hormonal serangga. Sehingga, serangga mati sebelum memasuki fase hidup selanjutnya.

Baca juga: Waspada, Ini Jenis Hama yang Bisa Menyerang Tanaman Hias

Kantor Pusat Informasi Pestisida AS menyatakan, minyak nimba terbuat dari banyak komponen. Azadirachtin indica atau pohon nimba adalah bahan aktifnya.

"(Minyak nimba) menurunkan daya makan serangga dan bertindak sebagai pengusir (serangga). Juga mengganggu sistem hormon, membuat serangga sulit tumbuh dan bertelur," demikian pernyataan lembaga tersebut.

Menurut EPA, Azadirachtin bertindak dengan cara menghalangi serangga tertentu, seperti belalang, untuk makan dan mengganggu siklus hidup normal serangga, termasuk makan, ganti kulit, kawin, dan bertelur.

Hama akan mati setelah memakan daun yang disemprot dengan minyak nimba. Hama lainnya pun akan terusir lantaran bau minyak nimba menyengat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com