Kompas.com - 15/12/2020, 07:02 WIB
Ilustrasi minyak nimba atau neem oil. SHUTTERSTOCK/STOCKIMAGEFACTORY.COMIlustrasi minyak nimba atau neem oil.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bila Anda memiliki tanaman hias di rumah, baik di dalam ruangan maupun di halaman rumah, sebaiknya perhatikan apakah ada hama pada tanaman Anda.

Sebab, hama yang menempel di daun, batang, maupun buah akan menyerap nutrisi tanaman, hingga bisa menyebabkan tanaman Anda mati. Oleh karena itu, pencegahan dan penanganan hama harus dilakukan dengan baik.

Bila tanaman sudah terkena hama, tentulah yang muncul di benak adalah membasmi hama dengan pestisida atau insektisida. Ada dua jenis pembasmi hama tersebut, yakni alami dan buatan.

Baca juga: Kenali Hama dan Penyakit pada Tanaman Alocasia

Salah satu pembasmi hama tanaman alami yang aman untuk tanaman Anda adalah minyak nimba atau neem oil. Insektisida yang terbuat dari minyak nimba adalah solusi yang baik bila tanaman terdampak hama berupa serangga, kutu, maupun jamur.

Minyak nimba aman tidak hanya bagi tanaman, namun juga bagi Anda sekeluarga maupun hewan peliharaan yang ada di rumah.

Dilansir dari The Spruce, Selasa (15/12/2020), minyak nimba adalah minyak yang diproses dari biji yang diperoleh dari pohon nimba atau Azadirachta indica. Tidak hanya digunakan sebagai pembasmi hama serangga secara alami, minyak nimba juga lazim digunakan di industri kesehatan dan kosmetik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagaimana cara kerja minyak nimba dalam membasmi hama?

Semprotan minyak nimba yang diarahkan pada serangga di tanaman akan mengganggu keseimbangan hormonal serangga. Sehingga, serangga mati sebelum memasuki fase hidup selanjutnya.

Baca juga: Waspada, Ini Jenis Hama yang Bisa Menyerang Tanaman Hias

Kantor Pusat Informasi Pestisida AS menyatakan, minyak nimba terbuat dari banyak komponen. Azadirachtin indica atau pohon nimba adalah bahan aktifnya.

"(Minyak nimba) menurunkan daya makan serangga dan bertindak sebagai pengusir (serangga). Juga mengganggu sistem hormon, membuat serangga sulit tumbuh dan bertelur," demikian pernyataan lembaga tersebut.

Menurut EPA, Azadirachtin bertindak dengan cara menghalangi serangga tertentu, seperti belalang, untuk makan dan mengganggu siklus hidup normal serangga, termasuk makan, ganti kulit, kawin, dan bertelur.

Hama akan mati setelah memakan daun yang disemprot dengan minyak nimba. Hama lainnya pun akan terusir lantaran bau minyak nimba menyengat.

Halaman:


Sumber The Spruce
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.