Kompas.com - 04/12/2021, 10:30 WIB
Ular beludak golden lancehead NayeryouakimUlar beludak golden lancehead

JAKARTA, KOMPAS.com- Ular adalah bagian penting dari ekosistem. Namun, banyak spesies ular memiliki bisa serta gigitan yang berbahaya bahkan mematikan bagi manusia.

Oleh karena itu, jika Anda tinggal di daerah rawan ular, cobalah menggunakan tanaman tertentu yang dapat mengusir ular berbisa dari pekarangan rumah Anda.

Lantas, tanaman apa saja yang dapat mengusir ular? Melansir dari Pets pada Sabtu (04/12/2021) berikut 7 tanaman yang ampuh mengusir ular dari pekarangan.

Baca juga: Gejala dan Cara Mengatasi Gigitan Ular pada Kucing

Marigold

Selain bunganya yang berwarna cerah dan indah, tanaman ini telah lama ditetapkan sebagai salah satu pengusir hama dan ular yang paling ampuh.

Tanaman ini memiliki akar yang sangat kokoh dan mereka memancarkan bau yang kuat sampai ke lubang liang ular. Sehingga menghindarkan pekarangan rumah Anda dari ancaman ular berbahaya.

Baca juga: Tips Keluarkan Ular dari Lubang WC Menurut Petugas Pemadam Kebakaran

Lidah mertua

Lidah Mertua adalah salah satu tanaman terbaik yang mengusir ular karena daunnya yang tajam. Selain itu, tanaman ini juga dapat meremajakan oksigen dengan kecepatan yang lebih tinggi dari biasanya.

Tidak seperti tanaman bau, ular menemukan pemandangan Lidah Mertua menakutkan. Ini adalah tanaman yang tampak bagus untuk dimiliki di sekitar taman sebagai cara untuk mencegah ular masuk ke rumah.

Tak hanya itu, kelebihan tanaman ini ialah perawatannya renda. Tanaman membutuhkan air hanya tiga kali seminggu dan tanaman tahunan ini akan bertahan selama bertahun-tahun.

Baca juga: 6 Hal yang Dapat Dijadikan Alas Tidur Ular Peliharaan

Serai

Serai menghasilkan bau jeruk yang menyengat dan tidak disukai ular. Citronella juga merupakan produk sampingan dari serai, yang dibenci nyamuk.

Ini adalah salah satu tanaman terbaik yang mengusir ular, nyamuk, dan bahkan kutu dari kebun Anda. Serai tahan kekeringan dan mudah perawatannya.

Baca juga: Awas, Hal ini Menarik Ular Masuk ke Halaman Rumah

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.