Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Sulit, Begini Cara Membersihkan Tungku Kompor Gas

Kompas.com - 22/02/2022, 07:45 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Karena tingginya frekuensi penggunaan, tungku kompor gas bisa mudah kotor dan berkerak. Menjaga tungku kompor gas tetap bersih tidak hanya membuat kegiatan memasak lebih menyenangkan, namun juga lebih higienis.

"Tungku digunakan di kompor gas untuk menopang panci dan wajan di atasnya. (Tungku kompor gas) mungkin kuat, kokoh dan aman, tetapi bisa menjadi sangat kotor dengan cepat," kata pemimpin redaksi global Homes & Gardens Lucy Searle seperti dikutip pada Selasa (22/2/2022).

Menurut Searle, percikan dan tumpahan makanan, serta noda bisa terbakar di tungku kompor gas. Kotoran tersebut bisa menjadi kerak yang sulit dihilangkan, kecuali Anda membersihkan tungku kompor gas secara rutin.

Baca juga: 7 Kesalahan yang dapat Merusak Kompor Lebih Cepat

Ilustrasi kompor gas. PIXABAY/PHOTOMIX-COMPANY Ilustrasi kompor gas.

Cara membersihkan tungku kompor gas

Sebagian besar tungku kompor gas terbuat dari besi cor karena merupakan logam yang sangat tahan lama. Dalam hal ini, jangan pernah menggunakan wol baja atau sabut gosok logam karena akan menggores bagian tungku.

Sebagai gantinya, gunakan sikat non-logam atau spons antigores.

Jika menggunakan produk pembersih berbau tajam seperti amonia, selalu bilas dengan air sabun panas dan keringkan secara menyeluruh untuk mencegah karat.

Larutan pembersih buatan sendiri secara alami lebih baik digunakan, lebih ramah lingkungan, serta menggunakan barang-barang rumah tangga sehari-hari.

Baca juga: Cara dan Trik Terbaik Membersihkan Kompor Kaca

Berikut cara membersihkan kompor gas dengan mudah.

1. Siapkan tungku kompor gas untuk dibersihkan

Pertama, pastikan tungku kompor benar-benar dingin, lalu angkat dari kompor dan masukkan ke wastafel atau bak cuci kosong. Isi bak cuci dengan air sabun panas menggunakan sabun cuci piring dan biarkan jerujinya terendam selama 15 menit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com