Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tidak Sulit, Begini Cara Membersihkan Tungku Kompor Gas

JAKARTA, KOMPAS.com - Karena tingginya frekuensi penggunaan, tungku kompor gas bisa mudah kotor dan berkerak. Menjaga tungku kompor gas tetap bersih tidak hanya membuat kegiatan memasak lebih menyenangkan, namun juga lebih higienis.

"Tungku digunakan di kompor gas untuk menopang panci dan wajan di atasnya. (Tungku kompor gas) mungkin kuat, kokoh dan aman, tetapi bisa menjadi sangat kotor dengan cepat," kata pemimpin redaksi global Homes & Gardens Lucy Searle seperti dikutip pada Selasa (22/2/2022).

Menurut Searle, percikan dan tumpahan makanan, serta noda bisa terbakar di tungku kompor gas. Kotoran tersebut bisa menjadi kerak yang sulit dihilangkan, kecuali Anda membersihkan tungku kompor gas secara rutin.

Sebagai gantinya, gunakan sikat non-logam atau spons antigores.

Jika menggunakan produk pembersih berbau tajam seperti amonia, selalu bilas dengan air sabun panas dan keringkan secara menyeluruh untuk mencegah karat.

Larutan pembersih buatan sendiri secara alami lebih baik digunakan, lebih ramah lingkungan, serta menggunakan barang-barang rumah tangga sehari-hari.

Berikut cara membersihkan kompor gas dengan mudah.

1. Siapkan tungku kompor gas untuk dibersihkan

Pertama, pastikan tungku kompor benar-benar dingin, lalu angkat dari kompor dan masukkan ke wastafel atau bak cuci kosong. Isi bak cuci dengan air sabun panas menggunakan sabun cuci piring dan biarkan jerujinya terendam selama 15 menit.

2. Gosok tungku kompor

Selanjutnya, gosok tungku kompor gas, terutama di semua sudut dan celah, untuk menghilangkan makanan yang terbakar. Anda juga dapat menggunakan pembersih ekstra di sini untuk area yang sangat sulit.

Anda dapat menggunakan soda kue yang dioleskan dengan sikat non-logam yang kaku atau bantalan nilon antigores.

3. Hilangkan kerak dari tungku kompor gas

Menurut Taste of Home, tidak seperti kebanyakan permukaan, yang dapat dibersihkan menggunakan air perasan lemon atau kain mikrofiber, jeruji tungku kompor sangat sulit dibersihkan.

Lemak dan minyak menempel pada permukaan logam dan, tergantung pada gaya jeruji (tungku kompor), itu bisa membuat frustasi untuk membersihkan semua sudut dan celah kecil.

Namun, Anda dapat menggunakan produk pembersih kerak. Untuk membersihkan jeruji tungku kompor gas secara efektif, Anda harus membiarkan bahan kimianya meresap beberapa saat.

Pembersih kerak berbentuk bubuk bekerja lebih baik pada tungku kompor gas jika Anda membasahi permukaannya terlebih dahulu. Pembersih ini perlahan-lahan akan menguraikan penumpukan pada kisi-kisi.

Biarkan pembersih pada tungku kompor selama minimal 15 menit, tetapi jangan ragu untuk membiarkannya selama 30 jika kerak dan kotoran sangat tebal.

4. Bilas tungku kompor gas

Setelah selesai, bilas tungku kompor gas sampai bersih dan keringkan dengan kain bersih.

Adakah cara termudah untuk membersihkan tungku kompor gas?

Cara termudah untuk membersihkan tungku kompor gas yang sangat kotor adalah buat pasta dengan mencampurkan tiga bagian soda kue dengan satu bagian air. Lapisi tungku kompor dalam campuran ini dan sisihkan selama 20 menit.

Bersihkan tungku kompor dengan kain lembut. Jika Anda telah melapisi tungku kompor dengan pasta soda kue, bilaslah terlebih dahulu agar tidak merusak lapisannya.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/02/22/074500676/tidak-sulit-begini-cara-membersihkan-tungku-kompor-gas

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke