Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/02/2022, 18:26 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu hama serangga yang sering ditemui di dalam rumah adalah lalat. Keberadaan lalat di rumah tak hanya mengganggu, tapi juga bisa menyebabkan masalah kesehatan, terlebih bila lalat hinggap pada makanan.  

Dilansir dari Country Living, Selasa (15/2/2022), lalat rumah dapat berkembang biak sepanjang tahun dan menjadi masalah terlepas dari musim apa pun. 

Baca juga: Cara Mengusir Lalat di Rumah secara Alami dan Aman

Namun, lalat jauh lebih aktif selama musim terpanas sehingga invasi lalat lebih mungkin terjadi. Lalat dapat masuk ke rumah melalui pintu, ventilasi, dan celah atau lubang lainnya.

Umumnya, lalat yang muncul di rumah dapat hidup 10-25 hari, tetapi dapat bertelur ratusan kali dalam waktu tersebut.

Untuk mengatasi invasi lalat, berikut cara mudah mengusir lalat dari rumah. 

Baca juga: 5 Tanaman Pengusir Lalat Secara Alami di Halaman Rumah 

Singkirkan semua potensi makanan lalat

Ada beberapa cara mengusir lalat yang bisa kita coba, termasuk menaruh bau yang dibenci lalat.
UNSPLASH/SIMON JOHN-MCHAFFLE Ada beberapa cara mengusir lalat yang bisa kita coba, termasuk menaruh bau yang dibenci lalat.
Kotoran hewan peliharaan, tong sampah, dan tumpahan lengket adalah tempat makan yang umum untuk lalat. Untuk itu, penting membersihkan semua hal tersebut.

Hal-hal yang tidak terlalu kotor seperti makanan hewan peliharaan atau segelas minuman yang setengah kosong juga dapat menarik lalat.

Jangan lupa mempertimbangkan kebersihan di luar ruangan. Lalat sering tinggal di luar rumah, kemudian masuk ke rumah ketika melihat adanya kesempatan.

Karena itu, hilangkan semua sumber genangan air, memeriksa selokan, membersihkan kotoran hewan peliharaan, dan menyingkirkan kayu atau tanaman yang membusuk, lalu disinfeksi sampah luar ruangan. 

Baca juga: 4 Penyebab dan Cara Mengatasi Lalat Masuk ke Rumah

Buat perangkap lalat rumah DIY

Erlich Pest Control merekomendasikan memulai membuat perangkap lalat dengan menggunakan botol soda plastik kosong ukuran dua liter.

Caranya, potong sepertiga bagian atas dan sisihkan, kemudian tuangkan sesuatu yang manis ke bagian bawah botol untuk memancing lalat seperti air gula, soda, atau jus.

Selanjutnya, balikkan bagian atas botol, letakkan di bagian bawah (tutup tepinya dengan selotip jika perlu), lalu tunggu. Ini bisa menarik lalat masuk ke perangkap, tapi tidak keluar. Perangkap ini juga bisa menarik lalat buah.

Baca juga: Mudah, Ini 6 Cara Mudah Membasmi Lalat di Rumah 

Jika cara ini tidak menarik lalat rumah, coba tambahkan sisa daging atau makanan lama lainnya. Bisa pula mengisi mangkuk dengan sekitar satu inci cuka sari apel, satu sendok makan gula, dan setetes sabun cuci piring.

Aroma dari bahan-bahan ini akan menarik lalat untuk datang, lalu tenggelam dalam campuran tersebut.

Beli perangkap ringan

Ilustrasi lalat. PIXABAY/WERBEGURU Ilustrasi lalat.
Lalat rumah tertarik pada cahaya dengan panjang gelombang pendek seperti cahaya ultra-violet.

Perangkap lampu dalam ruangan menggabungkan cahaya ultra-violet dengan perangkap lengket rahasia, sedangkan perangkap luar ruangan umumnya menggabungkannya dengan "zapper" jaringan listrik bertegangan rendah. 

Baca juga: 3 Tips Sederhana Mengusir Lalat dari Rumah

Jebakan ini tidak terlalu kotor dibanding menggunakan kertas lalat. Cukup menyolokkan perangkap lampu ke stopkontak.

Jika memilih perangkap lampu dalam ruangan, pastikan menempatkannya di ketinggian tempat lalat berada sekitar satu sampai dua meter dari lantai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com