Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Membersihkan Oven dengan Baking Soda dan Sabun Cuci Piring

Kompas.com - 15/02/2022, 15:42 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comOven yang sering digunakan akan kotor dan meninggalkan banyak remah-remah makanan. Untuk itu, oven perlu dibersihkan secara rutin.

Membersihkan oven tidak selalu harus menggunakan produk pembersih berbahan kimia keras. Anda bisa menggunakan bahan pembersih yang lebih aman, yakni menggunakan baking soda dan sabun cuci piring

Dilansir dari Family Handyman, Selasa (15/2/2022), berikut cara membersihkan oven menggunakan baking soda dan sabun cuci piring. 

Baca juga: 6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Membersihkan Oven

Bersihkan sisa makanan

Ilustrasi membersihkan ovenShutterstock Ilustrasi membersihkan oven

Langkah pertama yang perlu dilakukan saat membersihkan oven adalah lepaskan rak oven dan gunakan sikat gosok untuk membersihkan remah makanan dan area yang hangus.

Siapkan pasta baking soda 

Setelah remah makanan dan partikel-partikel yang hangus dibersihkan, buat pasta pembersih menggunakan campurang baking soda, air, dan setetes atau dua tetes sabun cuci piring.

Aduk semua bahan hingga tercampur rata dan teksturnya terasa seperti kentang tumbuk. Untuk jumlah pasta, sesuaikan dengan ukuran oven. 

Baca juga: 5 Tanda Oven Perlu Segera Dibersihkan

Baluri pasta ke seluruh bagian dalam oven

Setelah pasta jadi, gunakan spons untuk menutupi semua bagian dalam oven—termasuk bagian belakang, pintu, dan setiap sisinya—dengan pasta. 

Pastikan seluruh area oven, kecuali ventilasi, telah dibaluri pasta dengan tebal, khususnya area paling kotor.

Terkait ventilasi, guna mencegahnya terkena pasta, tutup dengan selotip atau penutup lainnya. Untuk area di sekitar lampu oven, hati-hati saat mengaplikasikan pasta.

Area ini bisa menjadi panas ketika disentuh jika oven dibiarkan terbuka terlalu lama. Setelah memastikan seluruh area oven dibaluri pasta tebal, tutup pintu oven dan diamkan selama semalaman.

Baca juga: Kenali 6 Jenis Oven dan Fungsinya untuk Berbagai Kebutuhan

Bersihkan rak oven

Ilustrasi oven yang harus rutin dibersihkan tiap 3-6 bulan sekali. PIXABAY/MIKE GATTORNA Ilustrasi oven yang harus rutin dibersihkan tiap 3-6 bulan sekali.

Untuk membersihkan rak oven, gunakan handuk atau kain berukuran besar, sabun cuci piring, dan empat hingga enam lembar dryer sheet.

Lapisi bagian bawah wadah dengan handuk, lalu taruh rak oven di atasnya. Rendam dengan air panas, tambahkan setengah cangkir sabun cuci piring, tambahkan dryer sheet, lalu diamkan semalaman.

Pada pagi hari, kamu akan melihat semua kotoran telah terlepas dari rak oven. Namun, tetap gosok pakai spons atau dryer sheet yang basah untuk menghilangkan penumpukan yang tersisa.

Selanjutnya, bilas rak oven menggunakan air bersih dan keringkan dengan baik sebelum dimasukkan kembali ke oven.

Baca juga: Cara Membersihkan Oven dengan Baking Soda dan Cuka

Bilas bagian dalam oven

Sembari menunggu rak oven benar-benar kering, bilas pasta baking soda dari bagian dalam oven menggunakan spons lembap.

Lalu, gunakan spons kering untuk menghilangkan semua residu yang ada. Untuk area paling kotor, bersihkan pakai sikat gosok dan wol baja secara hati-hati agar lapisan oven tidak rusak.

Setelah itu, biarkan pintu oven tetap terbuka dan diamkan oven agar mengering dengan sendirinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com