Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/12/2021, 09:50 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lalat merupakan hama yang umum ditemui setiap rumah. Kehadiran lalat di rumah tidak hanya mengganggu, tapi juga menjijikan dan membawa 65 penyakit dan infeksi yang berbeda. 

Hal ini lantaran lalat hinggap di berbagai tempat sampah serta area kotor lainnya. Karena itu, kemunculan lalat di rumah harus segera diatasi. 

Baca juga: 8 Tips Mengendalikan Tikus, Kecoak, Lalat dan Semut di Dapur

Beruntung, ada beberapa langkah mudah yang dapat dilakukan untuk mengusir lalat dari rumah selamanya dan membuat rumah tidak menarik bagi lalat.

Ahli pemberantasan hama, Danny Kelly dari Pest Ex, membagikan tiga tips sederhana mengusir lalat dari rumah seperti dikutip dari Real Estate, Sabtu (18/12/2021). 

Baca juga: 8 Bahan Alami yang Ampuh Mengusir Lalat dari Rumah 

Bersihkan dan putuskan siklusnya

Ilustrasi lalat buahShutterstock/Ant Cooper Ilustrasi lalat buah
Lalat berkembang biak dengan cepat dan dalam skala besar. Kunci untuk membasmi lalat dan populasinya adalah memutus siklus hidupnya serta mengurangi area yang kondusif, termasuk sanitasi, di dalam dan di sekitar rumah.

Danny merekomendasikan pembersihan rutin area persiapan makanan seperti meja dapur. Selain itu, membuangan kotoran hewan peliharaan dengan cepat untuk membuat rumah kurang menarik bagi lalat.

Gunakan juga tempat sampah dengan penutup untuk mencegah peningkatan populasi lalat. 

Baca juga: Tips Membasmi Lalat yang Beterbangan di Rumah 

Hubungi profesional

Menurut Danny, mengidentifikasi dan penanganan lalat yang tepat sangat penting untuk memastikan bahwa satu atau dua lalat yang berdengung tidak berubah menjadi masalah lebih serius.

Tindakan pencegahan, semprotan lalat, dan pengobatan alami dapat menjadi metode yang efektif mengusir lalat. Namun, jika semua itu gagal, saatnya memanggil profesional.

Profesional pembasmian hama akan menggunakan perawatan khusus untuk menghilangkan lalat di setiap tahap siklus hidupnya dan membuat rumah tidak menarik  bagi lalat baru untuk masuk. 

Baca juga: Tips Usir Lalat dari Rumah Tanpa Bahan Kimia Berbahaya 

Menggunakan cara alami

Ada sejumlah cara membasmi lalat dari rumah, salah satunya menggunakan cara alami atau memakai bahan-bahan alami seperti berikut ini.

  • Perangkap lalat non-kimia

Biasanya, perangkat lalat ini terbuat dari potongan panjang yang dilapisi lem lengket dan dapat dibeli di supermarket.

Danny mengatakan perangkap ini juga bisa dibuat di rumah menggunakan karton. Caranya, potong karton memanjang, lalu oleskan madu pada karton untuk menarik lalat, serta membuatnya menempel. 

Namun, pastikan membuang karton ketika banyak lalat telah tertangkap di karton. 

Baca juga: Ragam Cara Membasmi Lalat Buah di Rumah 

  • Kamper atau kapur barus 

Ilustrasi kamper, kamper kamar mandi.SHUTTERSTOCK/HILALABDULLAH Ilustrasi kamper, kamper kamar mandi.
Lalat tidak menyukai bau dari kapur barus atau kamper. Danny menyarankan memasukkan kamper ke mangkuk kecil dan meletakkannya di area sekitar rumah sebagai pencegah alami.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com