Kompas.com - 06/12/2021, 16:34 WIB
Cara mengusir lalat di rumah dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk menaruh bau yang dibenci serangga ini, membuat semprotan dengan bahan alami, atau bahan yang beracun bagi lalat. SHUTTERSTOCK/PUMPZACara mengusir lalat di rumah dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk menaruh bau yang dibenci serangga ini, membuat semprotan dengan bahan alami, atau bahan yang beracun bagi lalat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim hujan dapat meningkatkan infestasi lalat di rumah. Ditambah, bila tidak membuang sampah secara rutin dan menjaga kebersihan meja dapur,  semakin membuat rumah berisiko menjadi tempat berkembang biaknya lalat. 

Serangga ini diketahui dapat membawa kuman dan menyebabkan penyakit seperti tipus, hepatitis A, diare, serta infeksi. Namun, tak perlu khawatir, Anda dapat mengusir lalat dari rumah menggunakan bahan-bahan alami.

Baca juga: Simak, Cara Menangani Hama Lalat Buah pada Tanaman Cabai 

Melansir dari LivSpace, Senin (6/12/2021), berikut adalah beberapa bahan alami yang ampuh mengusir lalat dari rumah.

Semprotan air garam

Sodium bisa mengganggu keseimbangan cairan pada tanaman dan membuat tanaman mati.PEXELS/TARA WINSTEAD Sodium bisa mengganggu keseimbangan cairan pada tanaman dan membuat tanaman mati.
Jika mencari bahan-bahan alami yang cepat mengusir lalat, gunakan garam. Tambahkan dua sendok makan garam ke dalam segelas air, lalu aduk secara merata.

Selanjutnya, pindahkan cairan ke botol semprot dan gunakan pada tempat yang sering dilalui lalat di rumah. 

Baca juga: 8 Tips Mengendalikan Tikus, Kecoak, Lalat dan Semut di Dapur 

Semprotan tanaman mint dan kemangi

Tanaman mint dan kemangi ampuh menjadi pengusir lalat di rumah. Untuk memanfaatkannya, giling kedua bahan menjadi bubuk atau pasta dan campur dengan air.

Setelah itu, masukkan ke botol semprot dan semprotkan kepada area di rumah yang sering terdapat lalat.  

Perangkap cuka 

Ilustrasi cuka putih. Tidak hanya merupakan produk pembersih alami, cuka putih juga dapat digunakan untuk membunuh gulma. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi cuka putih. Tidak hanya merupakan produk pembersih alami, cuka putih juga dapat digunakan untuk membunuh gulma.
Tempatkan beberapa cuka dalam mangkuk dan tutup dengan bungkus plastik yang diberi lubang kecil pada permukaan. Bau cuka akan menarik dan menjebak lalat di dalam mangkuk. 

Baca juga: Tips Membasmi Lalat yang Beterbangan di Rumah 

Susu, gula, dan lada 

Tambahkan tiga sendok gula dan satu sendok merica ke dalam segelas susu, lalu didihkan semua bahan.

Setelah mendidih, tunggu cairan dan masukkan ke mangkuk, lalu letakkan pada area di rumah yang dipenuhi lalat. Ini secara alami akan menarik lalat rumah dan membuatnya tenggelam dalam larutan tersebut.  

Baca juga: Ragam Cara Membasmi Lalat Buah di Rumah

Halaman:


Video Pilihan

Sumber LivSpace
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.