Kompas.com - 06/12/2021, 12:50 WIB
Ilustrasi gulma, rumput liar. PIXABAY/PHOTOACIlustrasi gulma, rumput liar.

JAKARTA, KOMPAS.com - Gulma bisa tumbuh di tanah tempat Anda menanam tanaman, baik di pekarangan rumah maupun di pot. Penyebabnya adalah Anda telah menyediakan tanah yang mengundang dan sinat matahari menyinari gulma.

Untuk membunuh gulma yang bisa meresap nutrisi bagi tanaman, Anda dapat menggunakan herbisida, baik herbisida kimia maupun herbisida alami. Namun demikian, kini semakin banyak orang menggunakan herbisida alami untuk membasmi gulma.

Mencabut gulma dengan tangan selalu merupakan solusi yang paling dapat diandalkan, tetapi ada kalanya herbisida dapat menjadi pilihan praktis. Anda pun dapat membuat herbisida alami dari bahan yang ada di dapur.

Baca juga: 7 Cara Alami Membasmi Gulma di Taman

Dilansir dari HGTV, Senin (6/12/2021), berikut cara membuat herbisida alami untuk membasmi gulma.

Ilustrasi cuka putih. Tidak hanya merupakan produk pembersih alami, cuka putih juga dapat digunakan untuk membunuh gulma. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi cuka putih. Tidak hanya merupakan produk pembersih alami, cuka putih juga dapat digunakan untuk membunuh gulma.

Bahan yang dibutuhkan

  • 3 liter cuka putih
  • 1 cangkir garam
  • 1 sendok makan sabun cuci piring

Campurkan bahan-bahan dalam botol semprot dan obati gulma pada waktu yang paling cerah untuk hasil terbaik.

Saat mencari alternatif alami untuk herbisida, campuran cuka, garam, dan sabun cuci piring cair memiliki semua bahan yang dibutuhkan untuk membunuh gulma dengan cepat.

Baca juga: 5 Cara Membuat Herbisida dari Bahan yang Ada di Dapur

Asam asetat dalam cuka dan garam keduanya sangat baik dalam menarik kelembapan dari gulma.

Sabun cuci piring bertindak sebagai surfaktan, yaitu zat yang akan menurunkan tegangan permukaan yang dapat menyebabkan ramuan pembasmi gulma menempel pada daun dan bukannya diserap oleh tanaman.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber HGTV
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.