Kompas.com - 09/11/2021, 07:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam sayuran di rumah memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah bisa dinikmati hasil panennya dan diolah menjadi hidangan untuk keluarga. Salah satu tanaman sayuran yang banyak ditanam di rumah adalah cabai.

Saat menanam cabai di rumah, jangan lupa memperhatikan hama yang mungkin menyerang tanaman cabai Anda. Lalat buah merupakan salah satu hama yang sangat merugikan.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Selasa (9/11/2021), hama lalat buah menyerang buah cabai yang masih muda maupun yang setengah masak. Akibat serangan lalat buah ini, buah cabai akan gugur sebelum waktunya matang atau waktunya dipanen.

Baca juga: 7 Sayuran yang Mudah Ditanam di Dalam Rumah, Cabai hingga Selada

Ilustrasi tanaman cabai, menanam cabai.SHUTTERSTOCK/KHAN3145 Ilustrasi tanaman cabai, menanam cabai.

Ada beberapa ciri tanaman cabai diserang hama lalat buah yang dapat Anda perhatikan, yakni buah cabai berwarna kehitam-hitaman dan keras.

Lalat buah berkembang biak dengan cara bertelur di dalam buah.

Telur yang menetas akan menjadi larva yang selanjutnya menjadi penyebab rusaknya daging buah sehingga membusuk dari dalam, mengering, dan kemudian rontok.

Tanaman cabai yang terdampak hama lalat buah harus segera ditangani. Petik buah cabai yang yang telah terserang dan membakarnya.

Baca juga: 5 Tips Menanam Cabai di Dalam Ruangan

Cara ini bertujuan memangkas perkembangbiakan lalat buah yang selalu meninggalkan telur di dalam buah cabai.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.