Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Sayuran yang Mudah Ditanam di Dalam Rumah, Cabai hingga Selada

Kompas.com - 07/11/2021, 07:57 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak hanya tanaman hias, beberapa jenis sayuran juga dapat ditanam di dalam rumah. Meskipun menanam sayuran di dalam ruangan dalam wadah memang memiliki tantangan, namun bukan berarti Anda akan gagal.

Mulailah dengan langkah yang tepat dengan memilih salah satu jenis sayuran yang mudah tumbuh, dan Anda akan segera memanen dan menikmatinya sebagai hidangan yang lezat dan sehat.

Kelebihan dan kekurangan menanam sayuran di dalam rumah

Dilansir dari The Spruce, Minggu (7/11/2021), saat menanam sayuran di dalam ruangan, Anda mengontrol semua aspek pertumbuhan dan lingkungan tanaman. Anda perlu menjaga air, kualitas tanah, dan pemupukannya.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Menyiram Tanaman Sayuran? Ini Penjelasannya

Nilai tambah yang besar adalah bahwa tanaman sayuran Anda tidak terpengaruh oleh cuaca atau hewan di luar ruangan, dan mudah-mudahan Anda akan memiliki sayuran sepanjang tahun.

Namun, menanam sayuran di dalam ruangan memang memiliki tantangan, termasuk kurangnya cahaya yang cukup, serangga penyerbuk, dan angin. Selain itu, sirkulasi udara yang tepat sangat penting untuk membanjiri tanaman dengan karbon dioksida serta penyerbukan.

Juga, Anda mungkin memiliki beberapa hama tanaman yang harus dihadapi.

Ada beberapa tips yang perlu diingat jika Anda mempertimbangkan untuk menanam sayuran di dalam ruangan, antara lain sebagai berikut.

Baca juga: Catat, Panduan Jarak Tanam dan Baris untuk Menanam Sayuran

Pertama, pilih pot yang memiliki banyak lubang untuk memungkinkan drainase yang memadai dan berukuran tepat untuk tanaman tertentu yang Anda tanam.

Sayuran yang dangkal dan berakar mungkin hanya membutuhkan kedalaman sekitar 2 inci, tetapi tomat yang berakar dalam membutuhkan setidaknya 12 inci tanah.

Kedua, gunakan media tanam berkualitas baik, bukan tanah kebun. Media tanam yang didedikasikan untuk pot biasanya mengandung vermikulit atau perlit, yang memungkinkan drainase yang lebih baik.

Ketiga, pertimbangkan beberapa jenis pencahayaan tambahan jika rumah Anda tidak menawarkan cukup cahaya alami.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com