Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/05/2021, 11:46 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Bobvila

JAKARTA, KOMPAS.com — Adanya lalat di rumah tentu membuatmu kesal. Karena selain menjijikkan dan mengganggu, lalat juga bisa menjadi penyebar penyakit.

Lalat yang biasa terbang di rumah kita adalah lalat jenis Musca domestica. Meskipun ada ribuan spesies lalat, Musca domestica adalah varietas yang paling mungkin mengganggumu baik di dalam maupun di luar rumah, ditemukan di setiap benua yang dihuni manusia, dalam iklim dari dingin kutub hingga panas tropis.

Selain menjadi gangguan, lalat membawa berbagai jenis kuman seperti, bakteri penyebab antraks, tifus, tukak lambung, kolera, disentri, dan tuberkulosis, serta penyakit yang tidak terlalu serius, yang mereka simpan di mana pun mereka hinggap, termasuk saat hinggap di atas makanan.

Baca juga: Banyak Lalat di Pekarangan Rumah? Ini 7 Cara Membasminya

Khawatir tentang lalat juga berarti mengkhawatirkan belatung, yang merupakan larva dari lalat. Seekor lalat betina umumnya bertelur lebih dari 100 butir telur setelah kawin, dan telurnya menetas dengan sangat cepat. Belatung bertelur dalam waktu kurang dari delapan jam jika cuaca cukup hangat.

Sebenarnya, lalat bisa dibasmi dengan racun serangga yang banyak dijual di pasaran. Namun, hal ini tentu akan berbahaya, terutama jika kamu memiliki hewan peliharaan.

Untuk itu, berikut adalah tips mengusir dan membasmi lalat tanpa menggunakan racun serangga berbahaya, seperti dilansir dari Bobvilla, Minggu (2/5/2021).

Mengusir lalat keluar dari halaman

1. Pasang kipas angin

Serangga yang tidak diundang ini tidak dapat terbang dengan baik dalam angin kencang, jadi siapkan kipas berosilasi pada kabel ekstensi di dekat pemanggang halaman belakang, meja piknik, atau area lain tempat kamu sering berkumpul di luar ruangan.

Baca juga: 5 Cara Membasmi Lalat Buah yang Terus-Menerus Muncul di Rumahmu

 

Saat lalat merasakan hembusan, mereka akan menuju ke arah yang berlawanan.

2. Buat penangkap lalat

Larutkan seperempat cangkir gula dalam satu cangkir air di dalam toples. Gulung selembar kertas kaku menjadi kerucut yang cukup panjang untuk mencapai dari atas toples hingga tepat di atas level cairan, dan potong ujungnya.

Rekatkan kerucut di dalam toples dengan ujung lebar mengisi mulut toples dan ujung kerucut tepat di atas air gula. Kerucut kertas ini akan membawa lalat yang penasaran langsung ke dalam stoples, sehingga mudah dikeluarkan.

3. Nyalakan lilin

Serai atau minyak yang sangat aromatik dari beberapa varietas serai, dapat mengusir lalat dan nyamuk.

Nyalakan beberapa lilin wangi ini dan letakkan di atas meja piknik, teras, atau area di mana kamu akan meletakkan makanan, aroma yang kuat berfungsi untuk menolak lalat mendekat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Bobvila
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com