Kompas.com - 06/12/2021, 14:42 WIB
Jika penyebab tenggorokan gatal adalah udara kering atau alergi, humidifier atau pelembab udara dapat membantu sebagai cara mengatasi tenggorokan gatal. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICAJika penyebab tenggorokan gatal adalah udara kering atau alergi, humidifier atau pelembab udara dapat membantu sebagai cara mengatasi tenggorokan gatal.

JAKARTA, KOMPAS.com - Udara di dalam ruangan yang terlalu kering dapat menyebabkan masalah kesehatan. Mulai dari, bibir pecah-pecah, rambut dan mata kering, hingga masalah pernapasan seperti asma.

Untuk mengurangi udara kering dalam ruangan, Anda dapat menggunakan pelembap ruangan atau humidifier.  

Baca juga: Jangan Asal, Ini Aturan Meletakkan Humidifier di Dalam Ruangan

Namun, sebelum membeli humidifier, penting untuk mengukur ruangan guna menentukan pilihan atau ukuran humidifier yang tepat. 

Pasalnya, ukuran humidifier yang salah dapat membuat kinerja dan manfaat humidifier tidak maksimal serta berpotensi membahayakan kesehatan. 

Selain itu, humidifier yang tidak dapat melepaskan kelembapan cukup ke ruangan tidak dapat meredakan gejala kulit kering dan gatal.

Di sisi lain, pelembap udara yang berlebihan dapat menciptakan lingkungan lembap yang bisa menjadi tempat berkembang biak bagi tungau debu dan jamur serta memicu reaksi alergi.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Cara Tepat Membersihkan Humidifier

“Karena kelembapan tinggi menyebabkan masalah tersendiri, hindari membeli pelembap udara yang terlalu besar dan pilih yang dirancang untuk ukuran ruangan Anda,” kata Misha Kollontai, insinyur yang memimpin pengujian pelembap udara Consumer Reports, dilansir dari Consumer Repots, Senin (6/12/2021),

Menurut Energy Star, tingkat kelembapan di rumah idealnya harus berada antara 30-50 persen. Di daerah yang lebih dingin selama musim panas, untuk kelembapan ruangan, berkisar antara 30-40 persen untuk mencegah kondensasi jendela. 

Baca juga: 5 Langkah Mudah Membersihkan Humidifier 

Cara menentukan humidifier sesuai dengan ruangan 

Untuk menemukan humidifier yang sesuai ukuran ruangan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengukur luas ruangan. Kemudian perhatikan peringkat pelembap udara.

Ada beberapa pilihan ukuran humidifier untuk setiap ruangan. Mulai dari, untuk kamar tidur sebesar 20 meter persegi, ruangan kecil 24 meter persegi, ruangan sedang sebesar 27 meter persegi, ruangan besar 46 meter persegi, hingga tipe konsol yang dapat ditempatkan pada luasan ruang 92 meter persegi hingga lebih. 

Baca juga: Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Membeli Humidifier

Untuk itu, sebelum membeli humidifier, pertimbangkan melihat dan mengukur ruangan terlebih dahulu. Produsen biasanya memberi tahu bahwa humidifier tersedia untuk ukuran ruangan tertentu.

Sebagian besar unit dalam peringkat humidifier adalah unit kabut dingin, jenis yang paling banyak dijual. Beberapa adalah kabut hangat atau dikenal sebagai alat penguap uap. Beberapa kabut ganda yang mampu menghasilkan kabut hangat serta dingin. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.