Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/02/2022, 22:46 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comKucing penakut memiliki bahasa tubuh yang dapat membuat pemiliknya merasa bingung lantaran mirip dengan perilaku agresi.

Mungkin mereka akan mendesis pada orang asing, mengumpat ke bawah tempat tidur saat bel rumah berbunyi, atau bahkan menyerang hewan peliharaan atau orang lain.

Amy Shojai, seorang Certified Animal Behavior Consultant (CABC), menuliskan dalam The Spruce Pets, Sabtu (5/2/2022), ada beberapa cara untuk membuat sahabat bulu menjadi lebih pemberani. Apa saja?

Baca juga: Catat, Ini 8 Lokasi Terbaik Meletakkan Kotak Pasir Kucing di Rumah

Ciptakan lingkungan yang nyaman

Ilustrasi kucing mengeong. Suara kucing memiliki banyak arti yang berbeda, yang perlu diketahui pemiliknya.UNSPLASH/LOAN Ilustrasi kucing mengeong. Suara kucing memiliki banyak arti yang berbeda, yang perlu diketahui pemiliknya.

Kucing adalah hewan yang gemar mengamati, dan sangat berhati-hati secara alami.

Mereka memanfaatkan waktu untuk mengetahui segalanya, dan semua orang, sebelum merasa nyaman untuk bersosialisasi dan mulai menjelajah.

Biarkan kucing penakut beradaptasi dengan caranya sendiri. Namun, kamu bisa mendorong keberaniannya dengan menyediakan tempat bertengger yang tinggi, atau tempat yang tenang agar merasa aman.

Baca juga: Hati-hati, Kucing Bisa Ilfil dan Judes Saat Pemiliknya Sering di Rumah

Buatlah ruang-ruang tersebut lebih menarik dengan catnip, atau semprotan feromon kucing dan diffuser.

Kamu tidak perlu merasa berhati-hati di sekitar kucing penakut. Bersikaplah seperti biasa, namun juga menjaga agar rumah setenang mungkin. Jangan hilang kesabaran atau membentak mereka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com