Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/02/2022, 20:46 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Meskipun terdiri dari ras yang beragam, beberapa jenis kucing tetap memiliki kebiasaan aneh yang sama. Salah satunya adalah berdiam diri di depan pintu yang tertutup.

Seringkali saat kita sedang berada di dalam kamar mandi, kucing akan mulai mencakar-cakar pintu kamar mandi lalu melolong dengan suara lantang.

Selain itu, saat pintu rumah atau pintu kamar tertutup, kucing akan mencoba mengintip bagian bawah pintu bahkan melompat untuk meraih gagang pintu.

Melansir dari Be Chewy, Rabu (2/2/2022), menurut Lisa Radosta, DVM, DACVB, seorang pemilik dan ahli perilaku hewan di Layanan Perilaku Hewan FLorida, ada beberapa alasan yang mendasari kebiasaan aneh kucing yang satu ini. Berikut ini adalah 5 alasan kucing tidak menyukai pintu yang tertutup.

Baca juga: 5 Ciri-ciri Kucing yang Merasa Kesepian dan Bosan

Penasaran

Karena insting berburu dan teritorialnya, secara alami kucing memiliki sifat yang mudah penasaran.

Ia akan mencoba mengenali areanya, sehingga saat ada ruangan yang tertutup rasa penasaran itu membuatnya ingin mengintip dan masuk ke dalamnya.

Hal ini membuat kucing menunggu didepan pintu dan tak jarang ia akan mengeong sampai kamu membukanya.

Baca juga: 4 Cara Membuat Rumah Lebih Nyaman untuk Kucing Tua

Merasa terjebak

Alasan lain ialah ia tidak betah berada di satu ruangan sepanjang hari, karena itu ia mencari jalan keluar.

Kucing adalah hewan yang suka berpetualang dan berburu mangsa, karena itu ia akan merasa bosan saat harus berada di ruangan tertutup dalam waktu yang lama.

Baca juga: Amankah Gonta-ganti Makanan Kucing?

Merasa kehilangan

Kucing adalah hewan yang memiliki sifat sosial, ia sangat suka berada di sekitar kita. Karena itu ia akan merasa kehilangan saat kamu mengunci dirimu di dalam ruangan, bahkan hanya untuk buang air di kamar mandi.

Menurut Dr. Radosta, kebiasaan ini bisa disebut juga FOMO (Fear of Missing Out) atau rasa takut untuk tertinggal hal-hal yang menyenangkan.

Baca juga: Perawatan Pasca Melahirkan Induk dan Anak Kucing yang Baru Lahir

Kebiasaan

Kucing akan belajar melalui kebiasaan-kebiasaan yang ia dan kamu lakukan. Contohnya saja, setiap kali ia mengeong kamu akan membukakan pintu untuknya. Pola ini yang ia ingat dan akan mengeong saat minta dibukakan pintu.

Cemas akan perpisahan

Tak hanya terjadi pada manusia, rasa cemas akibat perpisahan juga bisa dialami kucing bahkan dapat menyebabkan stres dan trauma.

Kucing yang membenci pintu tertutup mungkin takut kehilangan mu dan merasa terkurung di rumah saat ia tidak melihat keberadaan mu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com