Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/02/2022, 20:33 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sama halnya dengan manusia yang sudah lanjut usia (lansia), kucing pun perlu diurus secara hati-hati.

Selain memerhatikan perilaku, makanan, dan gejala yang menandakan kesakitan, lingkungan di sekitar kucing lansia atau kucing tua perlu dipertimbangkan apakah sudah membuat mereka nyaman atau belum.

Baca juga: Apakah Kucing Bisa Merasa Kedinginan? Ini Penjelasannya

Mengutip Beauty Harmony Life, Selasa (1/2/2022), ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk membuat rumahmu terasa nyaman bagi kucing lansia. Apa saja?

Permudah ruang gerak

Jika air yang tersedia tidak cukup segar dan bersih atau tidak tersedia air sama sekali, mungkin itu yang menjadi penyebab kenapa kucing tidak suka makanan kering yang biasa dimakannya.
SHUTTERSTOCK/JACK_PHOTO Jika air yang tersedia tidak cukup segar dan bersih atau tidak tersedia air sama sekali, mungkin itu yang menjadi penyebab kenapa kucing tidak suka makanan kering yang biasa dimakannya.

Seiring bertambahnya usia, hewan peliharaan termasuk anjing dan kucing dapat mengidap berbagai kondisi yang menyakitkan. Misalnya saja radang sendi.

Rasa sakit ini, ditambah kurangnya mobilitas, membuat mereka sulit untuk melakukan banyak hal yang dahulu dilakukan.

Beberapa di antaranya adalah membungkuk untuk makan atau minum, beranjak dari kasur atau kotak pasir, bahkan menaiki tangga.

Baca juga: Cara Membersihkan dan Menghilangkan Bau Urine Kucing pada Pakaian

Kamu dapat membantu kucing kesayangan merasa lebih nyaman dengan mempermudah akses dan ruang gerak mereka.

Mulai dari memberikan tangga untuk naik ke tempat tidurmu, membeli kotak pasir dengan tepian rendah, atau mengangkat mangkuk makanan dan air ke tingkat yang membuat mereka tidak harus menunduk.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com