Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Mendesain Anak Tangga yang Aman dan Ramah Anak

Kompas.com - 24/12/2021, 15:40 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Anak tangga adalah elemen penting pada rumah jika kamu memiliki tipe rumah split level atau rumah dengan lebih dari satu lantai.

Dalam merancang tangga, memilih desain yang sesuai dengan tipe rumah sangat lah penting. Hal ini dimaksudkan agar tangga tidak membuat rumah menjadi sempit dan dapat berfungsi dengan maksimal.

Jika kamu memiliki anak kecil di rumah, keamanan tangga adalah hal penting yang perlu kamu perhatikan.

Tangga bisa menjadi arena mainan yang menarik bagi anak-anak sehingga mereka cenderung sangat suka bermain di sekitarnya.

Melansir dari berbagai sumber, Jumat (24/12/2021), ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar tangga lebih aman untuk anak-anak.

Baca juga: Berapa Jarak Antar Anak Tangga yang Ideal? Berikut Penjelasannya

Pasang pagar pengaman

Untuk menghindari anak balita mendekati anak tangga, kamu bisa memasang pagar pengaman khusus bayi.

Pasang pagar pengaman untuk menghindari anak menuruni atau menaiki tangga. Pastikan untuk memilih pagar pengaman dengan ukuran yang pas dengan ukuran lebar tangga mu agar anak balita tidak memiliki akses untuk lewat.

Baca juga: Perubahan Desain Rumah yang Terjadi Selama Pandemi

Pilih tangga dengan pegangan

Jika kamu baru akan membangun rumah dan sedang memikirkan desain yang aman bagi anak-anak, sebaiknya pilih desain tangga yang menggunakan pegangan.

Tangga tanpa pegangan mungkin akan terlihat minimalis terutama di rumah bergaya industrial, namun ini tentu tidak aman terutama bagi anak-anak.

Ajari anak-anak untuk berpegangan dan ekstra hati-hati saat menuruni tangga, kamu juga harus tetap berpegangan apalagi saat menuruni tangga sambil menggendong anak.

Baca juga: 4 Tips Desain Rumah Kekinian yang Bisa Dicontek

Pastikan anak tangga tidak licin

Jika kamu memiliki anak yang sudah cukup umur dan bisa menggunakan tangga sendiri, pastikan anak tangga aman untuk dilewati.

Jika kamu menggunakan cat pelapis atau tangga yang dipoles, pastikan anak tangga tidak terlalu licin saat dilewati menggunakan kaos kaki.

Pastikan anak-anak bertelanjang kaki atau memakai sandal saat menuruni tangga. Kamu juga bisa mengoleskan cat anti slip di permukaan tangga yang dipoles.

Baca juga: 5 Ide Desain Rumah Bergaya Modern Coastal, Serasa di Pantai

Pastikan karpet tangga dalam kondisi baik

Memasang karpet di tangga dapat membuat tampilan tangga lebih elegan dan hangat. Namun jika karpet tidak terpasang dengan baik, ini dapat menimbulkan bahaya bagi anggota keluarga.

Untuk menghindari resiko tersandung, pastikan lem karpet tidak terlepas atau tergulung. Lakukan maintance secara rutin untuk tangga agar tetap aman.

Baca juga: 4 Manfaat Menggunakan Material Tiruan dalam Desain Rumah

Berikan pencahayaan yang baik

Untuk membuat tangga aman bagi anak-anak di malam hari, pastikan untuk menggunakan lampu baik di tangga maupun di lorong rumah.

Gunakan lampu LED yang bisa ditanam di dinding pada setiap anak tangga. Kamu juga bisa menaruh saklar di bagian atas dan bawah tangga agar mudah ditemukan.

Berikan juga pengertiaan kepada anak-anak agar tidak turun atau naik tangga dengan panik saat listrik padam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com