Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/12/2021, 10:02 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman yang diletakkan di dalam ruangan memiliki ragam manfaat mulai dari menyaring udara, hingga memberikan keteduhan serta elemen dekorasi yang cantik.

Bahkan, dilansir dari Well and Good, Kamis (9/12/2021), beberapa tanaman mampu mengusir serangga dan bisa menyerap suara atau peredam bising alami. 

“Tanaman dan pohon telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai penghalang lalu lintas dan sumber polusi suara perkotaan lainnya,” kata Gladys M-Curtis, ilmuwan tanaman untuk Garden Safe, sebuah perusahaan solusi pengendalian hama.

Baca juga: 5 Tanaman Hias Berbunga yang Cocok Jadi Dekorasi Natal di Rumah

“Pepohonan ditanam di sepanjang jalan raya untuk membantu mengurangi jumlah kebisingan yang didistribusikan di komunitas yang berdekatan," tutur dia.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa taman vertikal yang menempel pada eksterior bangunan juga membantu melindungi kebisingan dan mengurangi penetrasi suara.

Tanaman penyerap suara juga bekerja di dalam ruangan.  M-Curtis mencatat bahwa mereka dapat mengurangi kebisingan dalam denah lantai terbuka, apakah itu rumah atau kantor Anda.

Untuk mencapai ini secara efisien, katanya, tanaman harus ditempatkan di sekeliling ruang, dan penanam yang lebih besar harus digunakan, karena penelitian telah menunjukkan bahwa kombinasi tanah berpori dan tanaman memberikan kapasitas penyerapan suara terbaik.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Hias Philodendron Black Gold

Konon, jumlah pengurangan kebisingan sebanding dengan jumlah tanaman. Dengan kata lain, semakin banyak kebisingan, semakin banyak tanaman yang Anda perlukan untuk menyerap suara.

Cara kerja tanaman penyerap suara

“Meskipun tanaman tidak memiliki organ yang dapat dikenali yang dirancang untuk menerima getaran suara, seperti gendang telinga pada hewan, bukti biologis menunjukkan bahwa tanaman adalah organisme yang sangat sensitif yang menghasilkan dan menerima sinyal suara dari lingkungan,” ujar M-Curtis.

Secara khusus, tambahnya, tanaman berinteraksi dengan gelombang suara yang datang (gelombang suara yang merambat menuju sesuatu) dalam tiga cara berbeda yakni defleksi, refraksi, dan penyerapan dan menghasilkan peredam bising dari lingkungan.

“Tumbuhan dapat membelokkan energi suara yang datang melalui getaran strukturnya yang fleksibel, sehingga mengurangi intensitas gelombang (suara) yang datang,” ujar M-Curtis.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com