Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tanaman Ini Dapat Meredam Suara Bising

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman yang diletakkan di dalam ruangan memiliki ragam manfaat mulai dari menyaring udara, hingga memberikan keteduhan serta elemen dekorasi yang cantik.

Bahkan, dilansir dari Well and Good, Kamis (9/12/2021), beberapa tanaman mampu mengusir serangga dan bisa menyerap suara atau peredam bising alami. 

“Tanaman dan pohon telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai penghalang lalu lintas dan sumber polusi suara perkotaan lainnya,” kata Gladys M-Curtis, ilmuwan tanaman untuk Garden Safe, sebuah perusahaan solusi pengendalian hama.

“Pepohonan ditanam di sepanjang jalan raya untuk membantu mengurangi jumlah kebisingan yang didistribusikan di komunitas yang berdekatan," tutur dia.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa taman vertikal yang menempel pada eksterior bangunan juga membantu melindungi kebisingan dan mengurangi penetrasi suara.

Tanaman penyerap suara juga bekerja di dalam ruangan.  M-Curtis mencatat bahwa mereka dapat mengurangi kebisingan dalam denah lantai terbuka, apakah itu rumah atau kantor Anda.

Untuk mencapai ini secara efisien, katanya, tanaman harus ditempatkan di sekeliling ruang, dan penanam yang lebih besar harus digunakan, karena penelitian telah menunjukkan bahwa kombinasi tanah berpori dan tanaman memberikan kapasitas penyerapan suara terbaik.

Konon, jumlah pengurangan kebisingan sebanding dengan jumlah tanaman. Dengan kata lain, semakin banyak kebisingan, semakin banyak tanaman yang Anda perlukan untuk menyerap suara.

Cara kerja tanaman penyerap suara

“Meskipun tanaman tidak memiliki organ yang dapat dikenali yang dirancang untuk menerima getaran suara, seperti gendang telinga pada hewan, bukti biologis menunjukkan bahwa tanaman adalah organisme yang sangat sensitif yang menghasilkan dan menerima sinyal suara dari lingkungan,” ujar M-Curtis.

Secara khusus, tambahnya, tanaman berinteraksi dengan gelombang suara yang datang (gelombang suara yang merambat menuju sesuatu) dalam tiga cara berbeda yakni defleksi, refraksi, dan penyerapan dan menghasilkan peredam bising dari lingkungan.

“Tumbuhan dapat membelokkan energi suara yang datang melalui getaran strukturnya yang fleksibel, sehingga mengurangi intensitas gelombang (suara) yang datang,” ujar M-Curtis.

“Pembiasan adalah ketika gelombang suara datang melewati tanaman secara miring dan muncul dengan perubahan arah dan kecepatan rambat," imbuhnya. 

Dan terakhir, tanaman dapat menyerap gelombang suara melalui daun, cabang, batang, dan kulit pohon dan mengubah energi suara menjadi energi kimia untuk proses fisiologis.

Jadi, tidak hanya tanaman yang menyerap suara untuk keuntungan kita, tetapi suara juga bermanfaat bagi tanaman itu sendiri dalam banyak hal.

Menurut M-Curtis, suara merangsang pertumbuhan tanaman, mendorong perkecambahan benih, menginduksi respons pertahanan tanaman terhadap patogen, menunda kematangan buah, meningkatkan toleransi stres, dan meningkatkan fotosintesis, proses di mana tanaman mengubah sinar matahari menjadi makanan.

Sementara semua tanaman memiliki kemampuan untuk meredam kebisingan, beberapa jenis lebih efektif daripada yang lain.

"Tingkat di mana tanaman menyerap suara berkorelasi dengan kepadatan dan ukuran tanaman, luas permukaan daun, dan orientasi daun, serta spesies tanaman,” ungkap M-Curtis.

Berikut adalah 5 tanaman penyerap suara terbaik untuk ditempatkan di rumah, baik di dalam maupun di luar ruangan. 

1. Begonia rex

"Begonia rex yang indah dan dramatis dapat menyerap hingga 97 persen energi suara yang datang," papar M-Curtis.


Dia menambahkan bahwa tanaman ini membuat tambahan yang bagus untuk dek teduh, taman teras, taman atap atau balkon, dan mereka juga dapat tumbuh di dalam ruangan.

2. Pakis boston

Tanaman hijau ini, juga dikenal dengan nama latin Nephrolepis exaltata, dengan pelepah berbentuk pedang dan bilah daun bergigi, dapat tumbuh hingga setinggi 90 cm.

Adapun kemampuan peredam bisingnya, pakis Boston dapat menyerap hingga 98 persen energi akustik yang terjadi.

3. Baby tears

"Baby tears adalah tanaman tahunan yang merambat, membentuk tikar, dan selalu hijau yang ditanam untuk dedaunan hiasnya,” ucap M-Curtis.

Meskipun sifatnya berdaun kecil, ia dapat menyerap hingga 90 persen suara dalam rentang frekuensi yang dapat didengar.

4. Ficus

“Ini adalah salah satu spesies kunci, atau spesies yang sangat berinteraksi dengan spesies lain, dan memiliki dampak besar pada ekosistem mereka dibandingkan dengan kelimpahannya,” tutur M-Curtis. 

Ficus juga bisa menjadi sangat besar, yakni mencapai 4,5 hingga 9 meter untuk varietas pohon dan memberinya keunggulan untuk penyerapan suara.

5. Bunga peace lily

Selain hebat dalam meredam kebisingan, M-Curtis mengatakan bunga peace lily juga dikenal untuk menghilangkan polutan udara dalam ruangan.

Belum lagi tanaman hias yang selalu hijau ini sangat cantik untuk dilihat, dengan bunga berbentuk kuping gajah dan daun hijau tua yang mengilap. Dan, ia mendapat poin bonus karena relatif bebas hama.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/09/100200476/5-tanaman-ini-dapat-meredam-suara-bising

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke