Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Jamur di Rumah? Basmi dengan 4 Bahan Alami Ini

Kompas.com - 08/12/2021, 12:38 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Roohome

JAKARTA, KOMPAS.com - Adanya jamur di rumah tidak hanya membuat kotor dan bau, tetapi juga menimbulkan risiko bagi kesehatan, terutama jika memiliki anak di rumah dan masalah pernapasan. 

Tak heran, jamur dianggap sebagai mimpi buruk. Munculnya jamur di rumah disebabkan berbagai hal, salah satunya kondisi rumah yang gelap.  

Baca juga: Bersihkan Jamur di Kamar Mandi dengan Tiga Bahan Ini

Jamur tumbuh dengan cepat pada area-area di rumah yang lembap dan tidak mendapat sinar matahari. 

Namun, tak perlu khawatir, ada banyak cara membasmi jamur di rumah, termasuk menggunakan bahan-bahan alami. 

Melansir dari Roohome, Rabu (8/12/2021), berikut bahan-bahan alami membasmi jamur di rumah. 

Baca juga: Sering Tak Terlihat, Ini 3 Tanda Rumah Memiliki Jamur 

Cuka 

Cara membersihkan casing HP kayu bisa menggunakan larutan cuka.SHUTTERSTOCK/FOTOHELIN Cara membersihkan casing HP kayu bisa menggunakan larutan cuka.
Cuka putih terkenal memiliki komponen asam yang bisa membunuh hampir semua kuman dan bakteri. Cuka juga tidak meninggalkan noda hitam pada permukaan yang diaplikasikan.

Untuk memanfaatkannya, masukkan cuka putih ke botol semprot, lalu semprotkan ke area yang terdapat cetakan jamur. 

Anda dapat menambahkan pelembut atu pewangi kain ke dalam larutan cuka untuk menghilangkan bau cuka. Disarankan tidak menambahkan air karena dapat mengurangi efektivitas cuka. 

Baca juga: 3 Langkah Mudah Menghilangkan Jamur di Kamar Mandi 

Baking soda

Ilustrasi baking soda sebagai salah satu bahan pembersih alami di rumah. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi baking soda sebagai salah satu bahan pembersih alami di rumah.
Baking soda telah digunakan secara luas untuk pembersihan, dari menghilangkan bau busuk pada kulkas hingga menghilangkan kelembapan dari permukaan apa pun.

Ternyata baking soda juga dapat mengusir bakteri jamur dan kuman. Caranya cukup mudah, tambahkan satu sendok makan baking soda ke botol semprot bersama dengan air. 

Baca juga: 7 Cara Merawat Furnitur Kayu agar Bebas Jamur

Kemudian, kocok semua bahan dengan baik dan semprotkan ke permukaan noda jamur. Diamkan selama beberapa menit, lalu gosok dengan baik. Cuci dengan air hingga sisa noda baking soda habis.

Sementara itu, untuk jamur hitam pekat, campurkan baking soda, air, dan cuka menjadi satu bagian. Campur sampai membuat tekstur seperti pasta.

Bila sudah, oleskan pasta tersebut pada cetakan jamur dan biarkan mengering. Setelah kering, kikis dan bersihkan cetakan jamur. 

Baca juga: 5 Cara Menjaga Kamar Mandi Bebas Jamur dan Kuman 

Minyak esensial 

Ilustrasi minyak esensial peppermint. SHUTTERSTOCK/TATEVOSIAN YANA Ilustrasi minyak esensial peppermint.
Minyak esensial terbaik yang dapat digunakan untuk membasmi jamur di rumah adalah minyak pohon teh. Minyak ini bekerja sebagai pewangi dan antiseptik.

Untuk memanfaatkannya, campurkan satu sendok teh minyak pohon teh dengan satu cangkir air. Setelah itu, semprotkan pada area yang terkena jamur, lalu diamkan selama satu jam, dan bersihkan dengan handuk kering.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com