Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/11/2021, 18:48 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

Sumber Renonation

JAKARTA, KOMPAS.com--Area rumah yang gelap dan lembap kerap menjadi tempat berkembangbiakknya jamur. Kehadiran jamur membuat rumah tampak kotor karena adanya noda hitam dan bau tak sedap.

Belum lagi, jamur yang tumbuh bisa berdampak buruk bagi kesehatan manusia, terlebih untuk anak-anak dan jika kamu memiliki hewan peliharaan.

Untuk itu, jamur harus segera diatasi sebelum akhirnya semakin banyak dan semakin sulit diatasi.

Sebenarnya kamu bisa saja menggunakan pembasmi jamur yang dijual di pasaran. Namun sayangnya, pembasmi jamur yang dijual bebas biasanya mengandung bahan kimia.

Bagi kamu yang ingin membasmi jamur dengan cara alami, berikut tipsnya.

Baca juga: 7 Cara Mencegah Jamur di Kamar Mandi

1. Hidrogen peroksida

Dilansir dari Renonation, Senin (1/11/2021), kita semua tahu bahwa hidrogen peroksida adalah obat untuk membersihkan luka. Dan juga komponen antijamur dan antibakteri. Mengingat itu, itu akan menjadi solusi yang bagus untuk mencegah adanya jamur.

Tetapi sebelum kamu menerapkan ini ke permukaan apa pun, ujilah terlebih dahulu. Itu karena entah bagaimana menghitamkan area seperti cara kerja Clorox.

Jika tidak berubah warna setelah pengujian, maka kamu dapat menerapkannya pada area yang ditumbuhi jamur.

Biarkan selama sepuluh hingga lima belas menit. Setelah itu, gosok dengan kuat untuk menghilangkan jamur. Kemudian bersihkan permukaan dengan lap kering.

2. Cuka

Cuka putih terkenal memiliki komponen asam yang membunuh hampir semua kuman dan bakteri yang ada di Bumi. Hal yang hebat tentang itu adalah dapat menggunakannya tanpa pengujian, seperti peroksida. Selain itu, cuka tidak akan menghitamkan permukaan sama sekali.

Yang harus dilakukan adalah memasukkannya ke dalam botol semprot. Semprotkan ke area yang ditumbuhi jamur. Kamu bisa menambahkan kondisioner kain ke dalam larutan cuka

Halaman:
Sumber Renonation
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com