Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aturan yang Perlu Diterapkan Saat Menata dan Mendesain Dapur

Kompas.com - 31/08/2021, 14:45 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama dengan area ruangan lainnya, dapur juga harus memiliki layout atau penataan yang tepat agar dapat melakukan kegiatan di dapur menjadi lebih nyaman.

Melansir dari Homes to Love, Selasa (31/8/2021) ada beberapa aturan yang perlu diterapkan saat menata layout dan mendesain area dapur seperti berikut ini. 

Baca juga: Tips Membersihkan Noda Minyak pada Lemari Dapur 

Segitiga kerja 

Aturan dasar di area dapur adalah penerapan segitiga kerja. Area segitiga kerja ini diisi oleh kompor, wastafel, dan kulkas.

Ketiga benda ini harus memiliki penataan yang sesuai dan memiliki jarak yang nyaman sehingga dapat dengan mudah beraktivitas di dalamnya. 

Baca juga: 5 Tips Membuat Dapur Sempit Selalu Rapi Menurut Marie Kondo 

Sosial dan fungsional 

Dapur adalah jantung rumah dan ruang yang secara alami disukai orang.

Dengan mengingat hal ini, area berkumpul dan menghibur di dapur harus terpisah dari segitiga kerja sehingga tamu dapat menikmati makanan pembuka, menikmati minuman, dan melihat seseorang yang sedang memasak tanpa mengganggu prosesnya.

Baca juga: Simak, 8 Cara Menata Dapur Kecil agar Tetap Rapi 

Pertimbangkan ruang untuk membuka pintu alat elektronik 

Gambar arsitektur harus mencakup geometri pintu peralatan. Ini biasanya termasuk pintu kulkas, oven dan mesin pencuci piring dalam posisi terbuka, dan operasi penting lainnya seperti tempat sampah tarik.

Meski operasi ini kemungkinan besar akan tumpang tindih di beberapa area, penting untuk mengontrol mana yang tumpang tindih.

Misalnya, pintu oven dan pintu pencuci piring dapat memiliki operasi yang tumpang tindih karena keduanya biasanya digunakan pada waktu yang berbeda. 

Baca juga: Cara Mencuci Pakaian agar Tidak Luntur dengan Garam Dapur 

Pembersihan setelah makan 

Wastafel, tempat sampah, dan mesin pencuci piring memiliki hubungan linier yang penting. Desain dapur harus mempertimbangkan urutan pembersihan makanan ini. 

Selanjutnya, desain dapur harus menempatkan tempat sampah, wastafel, dan mesin pencuci piring dalam urutan linier dengan tempat sampah paling dekat dengan area makan. 

Baca juga: 4 Tips Menyusun Bumbu Dapur agar Waktu Memasak Lebih Efisien 

Penataan barang belanjaan dengan mudah 

Ergonomi dapur harus membahas lebih dari sekedar memasak. Bagaimana Anda memasuki rumah dan menurunkan bahan makanan adalah pertimbangan desain yang penting serta sering diabaikan.

Menempatkan kulkas di dekat pintu masuk dapur dan di dekat beberapa meja merupakan hal yang dapat memudahkan seseorang berkegiatan di dapur. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com