Kompas.com - 30/08/2021, 17:12 WIB
Ilustrasi dapur kecil, dapur sempit. UNSPLASH/FRED KLEBERIlustrasi dapur kecil, dapur sempit.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur sempit tidak berarti harus berantakan dan penuh dengan barang. Anda tetap perlu menata dapur sempit agar kegiatan memasak dapat dilakukan dengan nyaman.

Pakar penataan rumah Marie Kondo pun memberikan beberapa tips untuk menata dapur sempit agar nyaman dan sedap dipandang. Dengan begitu, dapur dapat menjadi sumber kebahagiaan Anda dan keluarga.

Dilansir dari Homes & Gardens, Senin (30/8/2021), berikut sejumlah tips menata dapur sempit menurut Marie Kondo yang dapat Anda terapkan.

Baca juga: Simak, 8 Cara Menata Dapur Kecil agar Tetap Rapi

1. Ciptakan ruang yang mudah dibersihkan

"'Dapur yang mudah dibersihkan membuatnya lebih menyenangkan untuk memasak. Salah satu cara sederhana adalah menambahkan pelapis ke rak, tidak hanya membuatnya terlihat lebih bersih, tetapi juga memudahkan pembersihan," kata Kondo.

Ilustrasi dapur kecil, dapur sempit.SHUTTERSTOCK/ZASTOLSKIY VICTOR Ilustrasi dapur kecil, dapur sempit.

Dia juga menyarankan menempatkan pembagi di laci dapur karena ini membuat proses merapikan lebih mudah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Laci akan terlihat lebih teratur, dan barang-barang akan memiliki tempat khusus untuk disimpan setelah digunakan," ujar Kondo.

2. Rutin mengecek

Mengetahui apakah suatu benda memicu kegembiraan adalah pilar KonMari yang dipopulerkan oleh Kondo. Namun demikian, bagaimana Anda bisa membawa metode ini ke dapur, yang merupakan jantung rumah?

Baca juga: Tips Membuat Dapur Tampak Lebih Luas

"Lihatlah barang-barang yang Anda miliki di dapur. Apakah mereka memicu kegembiraan?" saran Kondo.

Ia memberi contoh, piring adalah contoh dari sesuatu yang digunakan setiap hari. Dengan demikian, jika terlalu banyak piring tidak membuat Anda gembira, singkirkan beberapa di antaranya.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.