Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips Membuat Dapur Sempit Selalu Rapi Menurut Marie Kondo

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur sempit tidak berarti harus berantakan dan penuh dengan barang. Anda tetap perlu menata dapur sempit agar kegiatan memasak dapat dilakukan dengan nyaman.

Pakar penataan rumah Marie Kondo pun memberikan beberapa tips untuk menata dapur sempit agar nyaman dan sedap dipandang. Dengan begitu, dapur dapat menjadi sumber kebahagiaan Anda dan keluarga.

Dilansir dari Homes & Gardens, Senin (30/8/2021), berikut sejumlah tips menata dapur sempit menurut Marie Kondo yang dapat Anda terapkan.

1. Ciptakan ruang yang mudah dibersihkan

"'Dapur yang mudah dibersihkan membuatnya lebih menyenangkan untuk memasak. Salah satu cara sederhana adalah menambahkan pelapis ke rak, tidak hanya membuatnya terlihat lebih bersih, tetapi juga memudahkan pembersihan," kata Kondo.

Dia juga menyarankan menempatkan pembagi di laci dapur karena ini membuat proses merapikan lebih mudah.

"Laci akan terlihat lebih teratur, dan barang-barang akan memiliki tempat khusus untuk disimpan setelah digunakan," ujar Kondo.

2. Rutin mengecek

Mengetahui apakah suatu benda memicu kegembiraan adalah pilar KonMari yang dipopulerkan oleh Kondo. Namun demikian, bagaimana Anda bisa membawa metode ini ke dapur, yang merupakan jantung rumah?

"Lihatlah barang-barang yang Anda miliki di dapur. Apakah mereka memicu kegembiraan?" saran Kondo.

Ia memberi contoh, piring adalah contoh dari sesuatu yang digunakan setiap hari. Dengan demikian, jika terlalu banyak piring tidak membuat Anda gembira, singkirkan beberapa di antaranya.


"Jika Anda memiliki piring acara khusus yang hanya Anda gunakan sekali atau dua kali setahun, menghabiskan ruang yang berharga, cobalah memasukkannya ke dalam kehidupan sehari-hari Anda," terang Kondo.

"Jika (piring itu) istimewa dan memicu kegembiraan, mengapa hanya menggunakannya setahun sekali? Perlakukan makanan harian Anda seperti acara khusus untuk makanan yang membangkitkan kegembiraan," imbuhnya.

3. Jaga meja dapur selalu bersih

Dalam hal ide dapur sempit, Kondo menyarankan agar meja dapur tetap bersih adalah salah satu hal terpenting yang harus diingat.

"Ini membantu membuat ruang terasa lebih besar dan dengan lebih banyak ruang untuk bernafas," sebutnya.

Menurut Kondo, salah satu cara mudah adalah membersihkan area di atas meja atau di sekitar wastafel dan kompor, dan letakkan botol dan bumbu dapur di lemari. Saat Anda memiliki lebih sedikit barang di meja dapur, akan lebih mudah dan lebih cepat untuk membersihkan dapur pula.

4. Singkirkan peralatan dapur yang tidak digunakan

Kita semua sedikit bersalah karena membiarkan peralatan yang tidak terpakai menghabiskan ruang laci dapur. Namun, Kondo menyarankan sudah saatnya kita membiarkan mereka pergi, berapa pun ukuran dapur Anda.

"Jika Anda memiliki peralatan kecil seperti mixer atau pembuat roti yang tidak digunakan selama lebih dari setahun, kemungkinan itu tidak memicu kegembiraan dalam hidup Anda lagi," tutur Kondo.

Ia mengajak Anda membayangkan jenis gaya hidup yang Anda inginkan di dapur dan menginventarisir peralatan yang Anda perlukan untuk menciptakan visi itu.

Oleh karena itu, jika Anda memegang sesuatu yang tidak memiliki tujuan, Kondo menyatakan, inilah saatnya melepaskannya dengan rasa syukur.


5. Pastikan kapasitas isi kulkas hanya 70 persen

"Dengan memastikan sedikit ruang ekstra di lemari es, ini akan membantu Anda melihat semua isi di lemari es serta memungkinkan ruang ekstra untuk menyimpan sisa makanan," ucap Kondo.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/08/30/171200276/5-tips-membuat-dapur-sempit-selalu-rapi-menurut-marie-kondo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke