Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tanaman Hias Ini Mampu Menurunkan Stres di Rumah

Kompas.com - 19/08/2021, 08:43 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda ingin menciptakan lingkungan rumah yang menenangkan, Anda tidak perlu melakukan perombakan besar.

Sebab, Anda bisa memanfaatkan tanaman hias. Tidak hanya sebagai dekorasi rumah, tanaman hias di dalam ruangan atau tanaman hias indoor juga terbukti meningkatkan kualitas udara, sistem kekebalan tubuh, produktivitas, dan berdampak positif pada kesehatan mental Anda.

Selain itu, dilansir dari Vogue Australia, Kamis (19/8/2021), banyak penelitian telah menemukan bahwa tanaman hias indoor juga membantu menurunkan stres dan memperbaiki tekanan darah serta detak jantung.

Baca juga: Apa Manfaat Meletakkan Spons di Pot Tanaman Hias?

Para ahli dari pusat perawatan kecanduan yang berbasis di Inggris, Delamere Health,  menjelaskan pula mengapa berkebun dan merawat tanaman hias dapat sangat bermanfaat bagi kesejahteraan mental dan fisik kita.

“Memanfaatkan energi kreatif Anda dapat mengurangi kecemasan, depresi, stres, dan meningkatkan kesehatan mental dan fisik Anda secara keseluruhan,” kata para spesialis di Delamere Health.

“Rata-rata orang memiliki lebih dari 6.000 pikiran per hari. Aktivitas kreatif seperti berkebun dapat membantu memfokuskan pikiran dengan menenangkan otak dan tubuh," imbuh mereka.

Di samping itu, berkebun membantu mengembangkan pola pikir berkembang, yaitu keyakinan bahwa kita dapat meningkatkan kemampuan dasar melalui dedikasi dan kerja keras.

Baca juga: Catat, Ini Efek Buruk Menyiram Tanaman Hias Indoor Secara Berlebihan

Berikut ini beberapa tanaman hias yang mampu menurunkan tingkat stres Anda di rumah.

1. Peace lily

NASA menemukan bunga peace lily sebagai salah satu tanaman paling efektif dalam menyaring racun dan polutan berbahaya dari udara. Salah satu manfaat utama yang diberikannya bagi kesehatan manusia adalah dengan memerangi bahan kimia rumah tangga yang beracun, termasuk benzena, xilena, dan karbon monoksida.

Selain menyenangkan secara estetika di ruang tamu, peace lily juga membantu menghilangkan spora jamur di udara.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com