Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/08/2021, 16:10 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran semut dalam jumlah banyak pada tanaman aglonema merupakan masalah yang harus segera diatasi.

Sebab, semut dapat melubangi daun aglonema dan memberikan kerusakan lainnya sehingga membuat tanaman aglonema menjadi bermasalah.

Dikutip dari kanal YouTube Flower Mix Manado, Rabu (18/8/2021), semut pada tanaman agloneme bisa dibasmi menggunakan furadan. Berikut ini cara menghilangkannya. 

Baca juga: Masalah dan Manfaat yang Ditimbulkan Semut di Taman

Bahan yang dibutuhkan

Cara membasmi semut pada tanaman aglonema

  • Taburkan furadan ke media tanam

Langkah awal membasmi semut pada tanaman aglonema adalah menaburkan furadan secukupnya. 

Furadan merupakan insektisida yang berkhasiat mengendalikan aneka jenis hama, terutama hama penggerek batang, cacing, ulat, dan semut.  

Baca juga: Cara Mengilapkan Daun Aglonema Tanpa Menggunakan Zat Pengilap Buatan

Taburkan sejumput furadan ke sudut-sudut atau pinggiran media tanam pot aglonema atau area-area yang dihinggapi gerombolan semut.

Ingat, hindari menaburkan furadan terlalu banyak, cukup sejumput jari agar terhindar dari over dosis. Dalam sekali penaburan furadan, semut pada tanaman aglonema akan pergi dan mati. 

Baca juga: 5 Bahan Alami yang Ampuh Membasmi Semut di Rumah

Penaburan furadan dapat membuat media tanam dan tanaman terbebas dari semut, cacing, hama siput, bekicot, dan hama lainnya yang mengganggu pertumbuhan aglonema. 

Penaburan furadan untuk tanaman aglonema cukup dilakukan sebanyak satu kali dalam sebulan. Mengingat, furadan merupakan bahan kimia cukup keras yang dapay membuat tanaman stres akibat terlalu kepanasan. 

Baca juga: Cara Mengurangi Warna Hijau pada Daun Aglonema

  • Taburkan furadan di alas pot tanaman

Selain ditaburkan ke media tanam, furadan bisa kamu taburkan ke alas atau sekitaran pot aglonema bagian luar agar semut dan hama lainnya tidak mendekat.

Ketimbang di media tanam, menaburkan furadan di alas atau sekitaran bagian luar pot tanaman lebih aman karena tidak memberikan efek bagi tanaman.

Penaburan furadan di alas atau bagian luar pot tanaman bisa kamu lakukan kapan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com