Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membasmi Semut pada Tanaman Aglonema dengan Furadan

Sebab, semut dapat melubangi daun aglonema dan memberikan kerusakan lainnya sehingga membuat tanaman aglonema menjadi bermasalah.

Dikutip dari kanal YouTube Flower Mix Manado, Rabu (18/8/2021), semut pada tanaman agloneme bisa dibasmi menggunakan furadan. Berikut ini cara menghilangkannya. 

Bahan yang dibutuhkan

  • Furadan 3GR

Cara membasmi semut pada tanaman aglonema

  • Taburkan furadan ke media tanam

Langkah awal membasmi semut pada tanaman aglonema adalah menaburkan furadan secukupnya. 

Furadan merupakan insektisida yang berkhasiat mengendalikan aneka jenis hama, terutama hama penggerek batang, cacing, ulat, dan semut.  

Taburkan sejumput furadan ke sudut-sudut atau pinggiran media tanam pot aglonema atau area-area yang dihinggapi gerombolan semut.

Ingat, hindari menaburkan furadan terlalu banyak, cukup sejumput jari agar terhindar dari over dosis. Dalam sekali penaburan furadan, semut pada tanaman aglonema akan pergi dan mati. 

Penaburan furadan dapat membuat media tanam dan tanaman terbebas dari semut, cacing, hama siput, bekicot, dan hama lainnya yang mengganggu pertumbuhan aglonema. 

Penaburan furadan untuk tanaman aglonema cukup dilakukan sebanyak satu kali dalam sebulan. Mengingat, furadan merupakan bahan kimia cukup keras yang dapay membuat tanaman stres akibat terlalu kepanasan. 

  • Taburkan furadan di alas pot tanaman

Selain ditaburkan ke media tanam, furadan bisa kamu taburkan ke alas atau sekitaran pot aglonema bagian luar agar semut dan hama lainnya tidak mendekat.

Ketimbang di media tanam, menaburkan furadan di alas atau sekitaran bagian luar pot tanaman lebih aman karena tidak memberikan efek bagi tanaman.

Penaburan furadan di alas atau bagian luar pot tanaman bisa kamu lakukan kapan saja.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/08/18/161000376/cara-membasmi-semut-pada-tanaman-aglonema-dengan-furadan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke