Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisakah Tanaman yang Rusak Terkena Hujan Tumbuh Kembali?

Kompas.com - 18/08/2021, 18:25 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama dengan matahari, hujan sama pentingnya bagi tanaman. Namun, tanaman yang terkena air hujan terlalu banyak juga dapat menimbulkan masalah, bahkan bisa merobohkan tanaman. 

Namun, dilansir dari Gardening Know How, Rabu (18/8/2021) meski ada beberapa tanaman roboh karena intensitas hujan yang sangat lebat, tanaman yang telah hidup lama dan sehat mampu mengelola kerusakan akibat hujan lebat. 

Baca juga: Simak, Cara Mencegah Kelembapan di Rumah Saat Musim Hujan

 

Sebagian besar tanaman yang terkena hujan lebat mengalami kerusakan pada bagian batangnya yang menjadi bengkok. 

Sebaliknya, jika tanaman tetap kaku setelah menghadapi hujan yang begitu hebat, jaringan tanaman akan patah atau retak sehingga menyebabkan jalur transportasi penting terputus. 

Baca juga: Simak, Ini Cara Merawat Tanaman Selama Musim Hujan 

Bisakah tumbuh kembali?

Beberapa hari hingga seminggu setelah badai merusak, tanaman akan bangkit kembali. Terkadang bunga rusak dan daunnya sedikit sobek, tetapi tanaman Anda akan mengganti area yang terluka ini jauh lebih cepat daripada yang terlihat.

Jangan mencoba menopang tanaman yang terkena hujan karena dapat menyebabkan kerusakan tambahan. Biarkan tanaman memperbaiki kerusakannya sendiri.

Baca juga: Waspada, Ini Pengaruh Air Hujan pada Tanaman Hidroponik

Tanaman yang sehat dapat menerima pukulan dengan baik dari hujan dan akan kembali lagi tegak. Namun, jika tanaman ditanam di area dengan cahaya terlalu rendah, tanaman mungkin akan memiliki masalah.

Jika keadaan batang tanaman patah, bukan bengkok, Anda dapat membantu memulihkannya dengan membuang jaringan yang rusak parah dalam waktu seminggu setelah hujan merusaknya. 

Baca juga: Tips Merawat Tanaman Indoor dan Outdoor saat Musim Hujan

Ini memberi ruang bagi daun dan pucuk baru serta membantu mencegah jaringan yang rusak dan kecokelatan dari mendorong penyakit.

Setelahnya, lakukan uji tanah sebelum pemupukan dan pastikan tanaman mendapatkan cukup cahaya untuk mengembangkan batang dan cabang yang kuat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com