Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini Cara Merawat Tanaman Selama Musim Hujan

Kompas.com - 10/08/2021, 13:10 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim hujan adalah waktu untuk tanaman tumbuh subur. Air hujan menyediakan nutrisi baik bagi tanaman dan mereka yang merawat tanaman akan melihat peningkatan pertumbuhan tanaman hias mereka.

Namun, dilansir dari Times of India, Selasa (10/8/2021), air hujan yang terlalu banyak diterima tanaman tidak selalu berdampak baik.

Karena itu, Anda harus melakukan beberapa langkah perawatan tanaman selama musim hujan. Nah, berikut ini cara merawat tanaman selama musim hujan

Baca juga: Simak, Ini Tanaman Pendamping untuk Mengendalikan Serangga di Kebun 

Pindahkan pot ke tempat yang aman

Memindahkan pot tanaman ke area yang tidak terkena hujan lebat adalah hal penting untuk menghindari erosi tanah. Jika menemukan air tergenang di pot, periksa sistem drainase.

Bila melihat air terkumpul di piring di bawah pot, keluarkan secara perlahan demi mencegah perkembangbiakan nyamuk. 

Baca juga: Cara Merawat Syngonium, Tanaman Hias Daun yang Cantik 

Campur tanah bagian atas 

Jika lumpurnya tidak terlalu keropos atau airnya tidak mudah meresap, lumut atau ganggang mulai terbentuk di pot tanaman. Campurkan tanah di atasnya untuk melonggarkannya sedikit guna membantu penyerapan air. 

Pupuk tanaman 

Karena hujan lebat, tanaman terkadang kehilangan nutrisi. Karena itu, tanaman harus diberikan pupuk organik. Ini bertujuan memastikan tanaman mendapatkan nutrisi yang diperlukan. 

Baca juga: Kebutuhan Sinar Matahari yang Diperlukan Tanaman Sayur dan Buah 

Berikan dukungan untuk tanaman halus 

Terkadang hujan disertai angin kencang. Hal ini menyebabkan beberapa tanaman memerlukan dukungan eksternal seperti tongkat atau struktur demi mencegahnya jatuh atau patah.

Kurangi frekuensi penyiraman 

Tanaman yang terlalu banyak disiram, terutama selama musim hujan, dapat menyebabkan busuk akar dan akhirnya kematian tanaman. 

Baca juga: Manfaat Unsur Hara Kalium pada Pupuk KCL untuk Tanaman

Untuk itu, kurangi frekuensi penyiraman selama musim hujan. Sirami tanaman jika tanah bagian atas terlihat kering atau jika daunnya terkulai. Hal ini juga bagian penting dari merawat tanaman selama musim hujan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com