Kompas.com - 09/08/2021, 13:10 WIB
Ilustrasi tanaman hias di dalam pot. SHUTTERSTOCK/ANATOLII MIKHAILOVIlustrasi tanaman hias di dalam pot.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam berbagai tanaman sayur dan buah tak hanya memberikan keteduhan, tetapi juga bisa memanfaatkannya ketika masa panen tiba. Tanaman buah dan sayuran hampir bisa ditanam di setiap taman di rumah mana pun .

Dilansir dari Home Guides Sfgates, Senin (9/8/2021), tanaman sayur dan buah seperti tomat, mentimun, cabai, dan buncis bisa tumbuh subur, asalkan mendapat paparan sinar matahari penuh. 

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Tetap Hidup Selama Berlibur

Sedangkan wortel, lobak, bit, dan sayuran akar lainnya membutuhkan setidaknya setengah hari sinar matahari untuk tumbuh.

Begitu pun dengan sayuran hijau seperti bayam, lobak, kangkung, serta selada dapat mentoleransi naungan sinar matahari paling banyak di kebun.

Nah, berikut ini kebutuhan sinar matahari yang diperlukan setiap tanaman sayur dan buah. 

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Tidak Memerlukan Banyak Air 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berapa paparan sinar matahari yang dibutuhkan? 

Label plastik yang menempel pada sayuran pot di pembibitan menunjukkan berapa banyak sinar matahari yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh. Sinar matahari penuh berarti enam hingga delapan jam cahaya langsung tanpa penghalang setiap harinya. 

Tanaman tomat dan buah lainnya membutuhkan sinar matahari langsung selama berjam-jam agar bisa berbuah setelah bunganya mekar.

Artinya, tanaman ini akan tumbuh subur di area taman yang terkena sinar matahari penuh, yang tidak terhalang pohon, dinding, semak tinggi yang menciptakan bayangan, atau naungan pada sayuran yang tumbuh di dekatnya. 

Baca juga: 8 Tanaman yang Ampuh Menghilangkan Bau di Kamar Mandi  

Kebutuhan tiga sampai empat jam pencahayaan matahari 

Sayuran menggunakan sinar matahari untuk membuat makanan, memelihara sel-sel tanaman, serta pertumbuhan tanaman.

Semua tanaman membutuhkan sejumlah cahaya dan sayuran yang tumbuh paling cepat membutuhkan paling banyak sinar matahari.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.