Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/06/2021, 15:30 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya berpengaruh pada kondisi luar ruangan atau eksterior, musim hujan juga berdampak pada nuansa di dalam ruangan.

Ketika musim hujan, keadaan di dalam ruangan akan lebih dingin daripada biasanya. 

Baca juga: 10 Kesalahan Dekorasi di Ruang Kecil yang Harus Dihindari

Dilansir dari Hindustantimes, Senin (21/6/2021), musim hujan dapat membuat rumah, terlebih ruang tamu, terlihat kusam dan kotor.

Namun, tak perlu khawatir, Anda dapat mengatasinya dengan mengubah dekorasi rumah sesuai dengan musim, khususnya menggabungkan banyak warna.

Berikut ini cara mendekorasi rumah saat musim hujan agar bebas kusam dan kotor. 

Baca juga: Deretan Dekorasi yang Efektif Bikin Ruang Makan Jadi Lebih Segar

Berikan warna

Hujan dapat menyebabkan lingkungan menjadi kusam secara keseluruhan. Cara bagus mengalahkan cuaca yang membosankan adalah menggabungkan banyak warna di rumah Anda.

Hal ini bisa berupa gorden warna-warni, bantal kursi, aksen warna-warni seperti lampu meja, vas bunga, lukisan dan wall art

Baca juga: 5 Tips Dekorasi Ruang Kerja untuk Meningkatkan Produktivitas

Pilih warna-warna cerah seperti oranye, pink, dan kuning untuk mencerahkan rumah. Ini pasti akan mempercantik ruangan secara instan dan meningkatkan semangat. 

Gunakan keset pintu dengan daya serap tinggi 

Musim hujan membawa kotoran, sandal jepit berlumpur, dan jas hujan yang basah kuyup sehingga membuat rumah terlihat kotor.

Pastikan membeli atau meletakkan keset pintu dengan daya serap tinggi untuk mencegah air dan lumpur masuk ke rumah. 

Baca juga: 10 Ide Mewujudkan Dekorasi Kamar Tidur Bertema Modern Minimalis

Selain itu, Anda juga bisa membuat keset dari pakaian bekas dengan warna dan desain yang menarik. Pastikan kain lap itu bekerja efektif menyerap sekaligus menyamarkan kotoran dan lumpur yang tertinggal. 

Berinvestasi dalam wadah kedap udara 

Pembusukan makanan karena pertumbuhan mikroba adalah masalah umum yang terjadi selama musim hujan. Penting untuk berinvestasi dalam wadah kedap udara berkualitas baik. 

Baca juga: 4 Pilihan Tanaman Bunga untuk Dekorasi di Dalam Ruangan

Sebaiknya, menyimpan makanan di stoples kaca. Pilih dari warna menarik dan ukuran berbeda yang cocok dengan dekorasi dapur. 

Buat pewangi ruangan alami 

Cara mendekorasi rumah saat musim hujan selanjutnya dapat menmbuat pewangi ruangan alami. Udara lembap dan kadar air yang tinggi pada musim hujan meninggalkan bau yang mengganggu kesehatan. 

Baca juga: 7 Ide Dekorasi yang Bisa Memberikan Tampilan Baru dan Segar di Rumah

Untuk menghilangkannya, Anda dapat membuat campuran pewangi ruangan sendiri. Caranya, campurkan lemon, rosemary, air, dan ekstrak vanila, lalu masukkan ke stoples. Hanya dalam hitungan menit ruangan akan beraroma segar.  

Perhatikan furnitur 

Pada musim hujan, furnitur berlapis kain yang menempel di dinding menyerap banyak kelembapan sehingga mendorong pertumbuhan jamur dan bakteri.

Karena itu, dianjurkan melapisi dan menyegel tepi furnitur menggunakan sealant atau lapisan pelindung lainnya seperti pernis agar kelembapan tidak menempel pada produk. 

Baca juga: 5 Ide Dekorasi untuk Konsep Dapur Putih

Letakkan tanaman 

Tak hanya bermanfaat menyegarkan udara di rumah, meletakkan tanaman di ruangan merupakan salah satu cara mendekorasi rumah saat musim hujan.

Anda dapat meletakkan beberapa tanaman hijau ke rumah. Beli tanaman hias dan letakkan di pot keramik, vas kaca, untuk memberikan tampilan menyenangkan di rumah Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com