Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mempercantik Dinding Rumah dengan Anggaran Minim

Kompas.com - 15/08/2021, 11:38 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketertarikan pada perbaikan rumah telah mencapai tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya selama pandemi virus Covid-19

Hal ini karena orang akhirnya memiliki waktu dan kesempatan untuk melakukan perubahan yang telah mereka pikirkan selama pandemi. 

Baca juga: 5 Ide Hiasan Dinding Ruang Tamu yang Artsy dan Instagramable

Menghabiskan waktu di rumah saja selama pandemi berarti membuat Anda terus-menerus menatap dinding rumah, yang pada beberapa rumah terasa polos dan kosong. Hal ini menjadi area sempurna untuk memulai memperbaiki dan mempercantiknya. 

Melansir dari laman Today's Homeowner, Minggu (15/8/2021), berikut ini lima cara mempercantik dinding rumah dengan anggaran minim. 

Baca juga: Penyebab Cat Dinding Menggelembung dan Solusinya 

Cat dinding 

Cara termudah mengubah dinding adalah mengecatnya dan tugas ini lebih cepat dikerjakan dari sebelumnya.

Bila dulu harus mengaplikasikan primer sebelum mengecat dinding, kini sudah terseda cat sekaligus primer untuk menyederhanakan pengerjaan. 

Lebih baik lagi, pilih cat all in one dengan lapisan antijamur dan antimikroba, yang sangat bagus untuk dapur, kamar mandi, serta trim lemari

Baca juga: 8 Warna Cat Kamar Tidur yang Baik untuk Kesehatan 

Tambahkan backsplash

Untuk dinding dapur yang kosong, terutama yang berada di belakang wastafel, cobalah memasang backsplash.

Selain menambah warna baru pada ruangan atau melengkapi yang sudah ada, backsplash membuat minyak goreng dan air yang terciprat mudah dibersihkan. Keramik, kaca, marmer, dan mosaik adalah beberapa pilihan backplash yang populer. 

Baca juga: Cara Sederhana Membersihkan Dinding yang Kotor 

Terapkan bingkai

Jika ingin menambahkan karakter dan dimensi pada ruangan lain di rumah, tetapi tidak ingin menguasai seluruh dinding, bingkai atau wainscoting adalah jawabannya.

Cukup pasang panel dekoratif ini di bagian bawah dinding ruangan. Itu datang dalam banyak desain dan gaya yang cantik serta menarik.

Jadi, apakah rumah Anda tampak modern atau tradisional, dapat ditentukan dengan penerapan bingkai dinding ini

Baca juga: Simak, Langkah Memperbaiki Cat Dinding yang Mengelupas

 

Bangun dinding aksen

Selanjutnya, cara mempercantik dinding rumah dengan anggaran minim adalah membangun dinding aksen. Dinding aksen bertugas menutupi salah satu dingding untuk menambahkan semburat warna atau karakter. 

Tidak ada yang memecah ruangan yang membosankan serta memberikan dimensi dan tekstur seperti dinding aksen. Ini benar-benar hanya mengatur pola kayu sesuai dengan preferensi Anda juga memakukannya ke dalam kancing. 

Baca juga: 5 Kesalahan Memilih Cat yang Bikin Dinding Tampak Kotor

Siapa pun dapat membangun dinding aksen, kemudian cat dengan warna yang bagus agar tampilannya makin mempercantik ruangan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com