Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Kucing Menyukai Belaian dan Menghindari Dielus

Kompas.com - 15/08/2021, 10:47 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak kucing merasa nyaman dan senang saat dibelai pemiliknya. Rupanya, ada sejumlah alasan yang membuat kucing senang dan nayaman. 

Dilansir dari The Spruce Pets, Minggu (15/8/2021), diketahui bahwa mengelus kucing dapat mengurangi stres.

Namun, beberapa kucing bisa mendesis, marah, bahkan menyerang ketika dibelai di bagian tubuh yang tidak disukainya seperti area perutnya. Berikut ini sejumlah alasan kucing suka dibelai dan tidak suka dielus. 

Baca juga: 8 Ras Anjing yang Akur dengan Kucing, Pudel hingga Pomeranian

Mengapa kucing suka dibelai? 

Sebagian besar kucing adalah hewan yang relatif sosial dan berkomunikasi dengan kucing lain seperti mengelus, menggosok, dan merawat satu sama lain.

Tindakan ini mengirim feromon ke kucing lain yang membantu mereka mengidentifikasi satu sama lain dan berkomunikasi. Kucing lebih suka berkomunikasi dengan manusia dengan caranya sendiri.

Hewan berbulu ini tahu bahwa kita bukan kucing, tetapi kucing kadang-kadang berkomunikasi dengan kita seolah-olah kita adalah kucing. 

Baca juga: 5 Cara Melatih Kucing agar Patuh dan Tidak Nakal

Banyak kucing yang menyukai sentuhan fisik berawal sejak kucing masih kecil. Induk kucing menjilat dan merawat anak kucingnya untuk merawat serta menjaganya tetap bersih.

Hormon cinta oksitosin melonjak pada ibu dan anak kucing selama tindakan tersebut sehingg membuat pengalaman itu menyenangkan juga menghibur. 

Nah, belain dari manusia ini meniru sensasi yang serupa dan memberikan pengalaman menyenangkan yang sama. 

Baca juga: Apakah Madu Beracun untuk Kucing? Ini Penjelasannya 

Mengapa kucing tidak suka dibelai?

Beberapa kucing menolak untuk dibelai. Penyebabnya, mungkin kucing sudah tidak memiliki induk saat masih kecil dan tidak bersosialisasi dengan kucing atau manusia lain.

Kucing liar menghindari interaksi manusia sepenuhnya karena dibesarkan dalam lingkungan yang tidak berinteraksi dengan manusia sehingga takut dan menghindari manusia.

Namun, beberapa kucing liar dapat menjadi jinak untuk hidup bersama manusia, tetapi mungkin tidak pernah menerima belaian. 

Baca juga: 5 Penyebab Kucing Menjulurkan Lidah

Selain itu, sebagian kucing memiliki sifat yang berubah-ubah. Pada satu waktu, kucing senang dibelai, tetapi beberapa menit kemudian kucing mendesis, marah, dan mencakar.

Salah satu alasannya adalah bahwa kucing mungkin tidak menyukai area tertentu untuk dibelai. Sering kali itu berarti kucing telah mencapai ambang batas untuk dibelai. Para ahli menyebut ini agresi stimulasi berlebihan.

Jika ingin membelai kucing, biarkan dulu kucing yang mendatangi Anda. Ini sangat penting jika kucing tidak terikat erat dengan Anda. 

Baca juga: 3 Bahaya Memberikan Madu pada Kucing, Bisa Keracunan?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com