Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Merencanakan Dapur Impian

Kompas.com - 15/08/2021, 07:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap rumah tentu memiliki dapur karena tempat ini adalah jantung dari rumah. Namun, itu mungkin bukan dapur impian mereka. 

Jika berencana ingin mengubah desain dan model dapur yang membosankan atau ketinggalan zaman menjadi dapur yang cantik atau sesuai dengan impian, ada beberapa hal yang perlu direncanakan. 

Baca juga: Antilicin, Ini 8 Pilihan Keramik Lantai Dapur Terbaik

Selain itu, sebelum mengunjungi desainer interior, cobalah menanyakan beberapa hal pada diri sendiri agar tidak salah memilih desain yang membuat menyesal pada kemudian hari. 

Melansir ini dari laman Today's Homeowner, Minggu (15/8/2021), berikut ini beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dan ditanyakan pada diri sendiri sebelum merencanakan dapur impian

Baca juga: 3 Cara Mencuci Lap Dapur yang Kotor dan Bau 

Apa gaya kesukaan Anda? 

Ada beberapa gaya dapur yang paling populer seperti kontemporer, coastal, cottage, pertanian, Mediterania, modern, old world, dan tradisional. Nah, pilihlah yang cocok dengan interior rumah Anda. 

Setelah itu, pikirkan tentang lemari dapur impian Anda, yang biasanya memakan banyak ruang. Apakah Anda menginginkan Shaker, Raised Panel, atau lemari bergaya Eropa? 

Baca juga: 5 Bumbu Dapur yang Dapat Mengusir Tikus dari Rumah

Cobalah melihat foto-foto desain dapur dari situs interior rumah atau mengunjungi showroom lokal. Renovasi dapur adalah investasi dan dapat memberikan ekuitas pada rumah Anda.

Jadi, luangkan banyak waktu untuk proses perencanaan dan desain. Buat keputusan penting ini sekarang sehingga Anda tidak akan stres nantinya. 

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Meja Dapur Granit

Berapa anggaran Anda?

Setiap orang memiliki "angka ajaib", jumlah atau kisaran yang mereka rencanakan untuk dihabiskan di dapur impian. Perkiraan ini sering kali merupakan pengeluaran yang nyaman bagi mereka. 

Untuk menentukan anggaran ini, lakukan dua hal. Pertama, identifikasi keinginan. Kedua, buat daftar yang harus dimiliki. Tentu Anda mungkin menginginkan oven berkecepatan tinggi, lemari es counter-depth, dan mesin pencuci piring laci. 

Baca juga: 9 Tempat Persembunyian Jamur yang Bisa Mengintai Dapur

Namun, opsi kelas atas ini mungkin tidak sesuai dengan anggaran yang dimiliki. Tetaplah dengan apa yang realistis untuk mencapai tujuan Anda.

Misalnya, jika ingin meningkatkan nilai jual kembali rumah Anda, memperbarui lemari dan meja akan mendapatkan lebih banyak keuntungan daripada menyesuaikan pekerjaan listrik, memindahkan dinding, dan memindahkan pipa ledeng.

Fokus pada hal dasar seperti lemari, meja, lantai, dan wastafel. Apabila anggaran memungkinkan, tambahkan beberapa keinginan atau hal lainnya. 

Baca juga: Hindari, Ini 6 Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan di Dapur 

Apa tingkat keterlibatan Anda?

Seorang kontraktor dapat mengambil rencana Anda dan mewujudkannya, dari awal hingga akhir. Namun, apabila ingin menangani beberapa proyek sendiri, hal ini dapat mengurangi biaya keseluruhan proyek.

Mengukur denah dengan tepat dan kelebihan pada toko bangunan dapat membantu Anda mendesain ruang, memilih bahan bangunan, dan memasang semuanya.

Bahkan, beberapa toko kerap membagi tips dan DIY perlengkapan untuk desain dapur untuk mempermudah pekerjaan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com