Kompas.com - 03/08/2021, 09:07 WIB
Ilustrasi mengecat. Ilustrasi mengecat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna cat dinding memang bisa mempercantik dekorasi rumah, namun juga bisa membuat dinding dan ruangan menjadi rampak kotor. Warna cat, jenis cat, dan teknik aplikasi tertentu dapat membuat dinding tampak lebih kotor dan lebih sulit dibersihkan.

Selain itu, lalu lintas aktivitas di sebuah ruangan juga pada dasarnya bisa membuat warna cat dinding lebih cepat kotor. Maka dari itu, pembersihan secara rutin juga dibutuhkan.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Selasa (3/8/2021), berikut beberapa kesalahan dalam pemilihan cat yang membuat dinding tampak kotor.

Baca juga: Cara Membersihkan Kuas Cat yang Kering Kembali Halus

1. Warna cat terlalu terang

Jika Anda khawatir dengan dinding yang kotor, putih cerah mungkin adalah warna cat yang sebaiknya tidak dipilih. Setiap tanda atau noda akan menonjol di dinding berwarna terang.

"Alih-alih, cari warna cat dinding netral yang dapat membantu menyembunyikan kotoran dan ketidaksempurnaan," kata Dee Schlotter, manajer pemasaran warna senior untuk merek cat PPG.

2. Anda membeli cat murah

Untuk hasil akhir yang terlihat paling bersih, menggunakan cat berkualitas tinggi adalah suatu keharusan, dan terkadang itu datang dengan label harga yang lebih tinggi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mike Mundwiller, manajer pengembangan untuk Benjamin Moore menyebut, kualitas produk yang digunakan akan mempengaruhi hasil dan membuat perbedaan dramatis dalam kinerja produk, menyembunyikan, dan bertahan.

Baca juga: Warna Cat Dinding Ternyata Terlalu Gelap? Ini Trik Mengecatnya

"Di area di mana daya tahan sangat penting, seperti dapur atau kamar mandi, pertimbangkan untuk menggunakan cat premium yang akan menawarkan cakupan yang lebih baik dan hasil akhir yang lebih tahan lama," terang Mundwiller.

3. Anda memilih hasil akhir yang sulit dibersihkan

Hasil akhir atau finishing cat yang mengacu pada seberapa reflektif hasil akhir yang muncul di dinding, dapat berdampak besar pada seberapa bersih tampilan dinding. Secara umum, hasil akhir yang lebih berkilau, termasuk semi-gloss dan high-gloss, lebih mudah dibersihkan karena daya tahannya.

Permukaan yang lebih mengkilap akan lebih tahan terhadap pembersihan yang sering, sehingga kilau ini bekerja dengan baik pada trim dan lemari dapur.

Lapisan cat non-reflektif bekerja paling baik di area dengan lalu lintas rendah yang tidak akan mengumpulkan terlalu banyak goresan atau cipratan.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.