Kompas.com - 31/07/2021, 13:53 WIB
Ilustrasi mengecat dinding. SHUTTERSTOCK/BOGDANHODAIlustrasi mengecat dinding.

JAKARTA, KOMPAS.com - Terkadang ketika setelah selesai mengaplikasikan cat ke dinding, ada beberapa ruangan yang terlihat lebih gelap karena salah pemilihan cat.

Jika seperti ini, pengecatan ulang tak bisa langsung dilakukan seperti mengecat seperti biasa. Sebab, warna cat dasar yang gelap membuat pengecatan ulang menjadi lebih sulit.

Namun, melansir dari Home Guides SF Gate, Sabtu (31/7/2021), Anda masih bisa untuk menutupi sedikit cat yang terlalu gelap dengan beberapa teknik berikut ini.

Baca juga: Mana yang Lebih Efektif, Mengecat Menggunakan Kuas atau Rol?

1. Gunakan primer

Untuk mengatasi warna cat yang terlalu gelap, pilih primer yang dibuat khusus untuk menyembunyikan cat gelap.

Periksa label berbagai primer untuk membandingkan bahan, seperti primer yang mengandung titanium dioksida dalam jumlah tinggi dan silikat dalam jumlah rendah adalah pilihan terbaik jika Anda mencoba menutupi warna gelap.

2. Oleskan primer ke dinding

Oleskan primer ke dinding sama seperti Anda akan mengecat. Lebih baik mengoleskan dua lapis primer tipis daripada satu lapis tebal. Konsultasikan petunjuk pada primer untuk menentukan jumlah waktu pengeringan yang diperlukan antara lapisan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahkan setelah meletakkan dua lapis cat dasar di dinding, Anda mungkin masih akan melihat beberapa warna cat yang gelap. Kemudian, biarkan primer mengering.

Baca juga: 5 Kesalahan Mengecat yang Membuat Ruangan Tampak Kotor

3. Oleskan cat warna terang

Oleskan cat warna terang pilihan Anda. Tergantung pada tingkat perubahan warna, Anda mungkin perlu menerapkan lebih dari satu lapisan cat untuk menutupi cat gelap.

4. Pencucian warna

Selain mengecat ulang menggunakan primer dan cat yang lebih terang. Mengatasi dinding yang memiliki warna gelap, bisa dilakukan dengan menggunakan cat glasir;

5. Gunakan produk glasir lateks

Pilih produk glasir lateks dalam warna yang terkoordinasi tetapi lebih terang dari cat yang saat ini menutupi dinding. Glasir terang akan memberikan efek sapuan warna, dengan cat gelap yang masih terlihat tetapi lebih terang.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.