Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/07/2021, 10:40 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Daily Paws

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing terkadang suka mengunyah berbagai benda di sekitarnya, tak terkecuali batu. Mengunyah, menjilati, bahkan secara tidak sengaja menelan batu memang bukan masalah serius bagi Anjing.

Namun, dilansir dari Dailypaws, Selasa (20/7/2021), batu dapat dengan cepat merusak tubuh anjing. Ketika anjing peliharaan terus-menerus mencoba memakannya, sebagai pemilik, Anda perlu segera mencari bantuan dokter hewan untuk mengatasi permasalahan ini. 

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Anjing Menjilat Secara Berlebihan

Selain itu, penting pula mencari tahu alasan anjing mengunyah batu. Nah, berikut ini empat alasan anjing mengunyah batu. 

Hanya ingin mencobanya

Sama dengan balita, anak anjing juga suka mencoba hal-hal baru dengan mulutnya. Untuk beberapa anak anjing dan anjing dewasa, batu bisa menjadi satu hal untuk diuji dengan mulut.

Jika hal ini terjadi pada anjing Anda, gunakan penguatan positif untuk mengajari anjing bahaya isyarat menghentikan hal itu. Ini juga bisa sangat membantu dan berguna dalam banyak kondisi. 

Baca juga: Bukan Mau Tidur, Ini Alasan Anjing dan Kucing Menguap

Hindari mengambil sesuatu dari mulut anjing karena itu dapat meningkatkan peluang memakan batu menjadi sebuah permainan yang menyenangkan.

Untuk mencegahnya, ajari anjing bahasa isyarat yang membantu seperti "memberi" dan "menjatuhkan". Kemudian, tawarkan sesuatu lain yang mungkin benar-benar diinginkan seperti hadiah atau mainan.

Ketika anjing tengah lengah dan mencoba mengambil mainan baru, segera singkirkan batu dari pandangan anjing. 

Baca juga: 5 Tanda Pertama Anjing sedang Hamil 

Merasa bosan 

Kebosanan adalah penyebab umum untuk berbagai alasan anjing melakukan sesuatu, dari mengunyah furnitur hingga menelan hal-hal aneh di halaman seperti kotoran, batu, serta tanaman.

Jika seekor anjing terus-menerus merasa bosan, berarti lingkungannya tidak menawarkan banyak rangsangan mental.

Baca juga: 6 Fungsi Pagar Pembatas untuk Anjing 

Kemungkinan anjing akan menelan hal-hal yang lebih menarik minatnya. Hal ini pada akhirnya menyebabkan masalah perilaku dan kesehatan yang signifikan.

Untuk mencegah hal ini, Anda dapat membantu mencegah kebosanan di rumah dengan menawarkan berbagai permainan. Ajak anjing berjalan-jalan setiap hari sehingga tidak merasa bosan.

Baca juga: 5 Tanda Anjing Bosan dan Perlu Jalan-jalan

Masalah perilaku

Ketika mengalami stres atau gugup yang berat, anjing dapat memakan benda-benda seperti batu sebagai bentuk perilaku perpindahan. 

Hal ini adalah perilaku yang tampak aneh karena mengingat konteksnya dan tampak seolah-olah mereka tidak akan melakukan apa pun untuk membantu meringankan perasaan negatif yang dialaminya. 

Baca juga: 5 Fakta Unik Anjing Corgi yang Jadi Kesayangan Ratu Elizabeth

Perilaku perpindahan umum meliputi terengah-engah berlebihan, menjilat bibir, gemetar saat tidak basah, perawatan diri berlebihan, dan makan hal-hal yang tidak biasa dengan cepat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com