Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Mau Tidur, Ini Alasan Anjing dan Kucing Menguap

Kompas.com - 19/07/2021, 10:15 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Daily Paws

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama halnya dengan manusia, hewan peliharaan seperti anjing dan kucing juga menguap. Namun, gerakan menguap ini tak dilakukan saat mereka mengatuk saja, mereka melakukan gerakan tersebut karena merasakan suatu hal di dalam tubuhnya.

Dilansir dari Daily Paws, Senin (19/7/2021), menguap juga berbicara banyak tentang bagaimana perasaan anjing atau kucing tentang interaksi atau situasi tertentu.

Berikut alasan anjing dan kucing menguap.

Baca juga: Cara Merawat Kucing yang Sudah Tua dan Memastikannya Nyaman

1. Meningkatkan kinerja otak dan tubuh

Sama seperti kita, anjing dan kucing mungkin menguap ketika dia mengantuk atau bosan untuk menggerakkan tubuhnya ke kondisi yang lebih terjaga.

Menguap menyebabkan paru-paru mengembang dan terjadi napas dalam-dalam, yang meningkatkan kadar oksigen di otak dan melepaskan kelebihan karbon dioksida. Hasilnya adalah dorongan energi instan dan peningkatan kewaspadaan.

2. Ekspresi empati

Anjing masuk dalam daftar pendek spesies makhluk hidup yang menunjukkan kapasitas mereka untuk berempati melalui menguap yang menular. Studi menunjukkan bahwa anjing terkadang merespon menguap manusia dengan menguap sendiri.

Anjing juga menunjukkan hubungan emosional yang mendalam yang mereka miliki dengan pemilik mereka melalui peningkatan kemungkinan mereka untuk kembali menguap dari pemiliknya, bukan dari orang asing.

Baca juga: 6 Bahasa Isyarat Kucing yang Perlu Diketahui Pemiliknya

3. Menciptakan ketenangan batin

Mirip dengan bagaimana manusia menggigit kuku mereka ketika gugup, anjing atau kucing mungkin menguap ketika dia merasa tidak nyaman.

Karena menguap menyebabkan anjing atau kucing menarik napas dalam-dalam, ini membantu menenangkannya.

Pemilik hewan peliharaan sering salah mengartikan menguap dalam konteks seperti yang berarti bahwa anjing atau kucing mereka tiba-tiba mengantuk.

Namun demikian, ketika ditafsirkan dalam konteks isyarat bahasa tubuh lainnya, menguap mungkin mengatakan bahwa anjing atau kucing merasakan apa pun selain kedinginan dan rileks.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com