Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anjing Bisa Sedih dan Menangis, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 14/07/2021, 21:51 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com—Tak hanya manusia, anjing juga memiliki beragam emosi yang bisa mereka rasakan. Anjing bisa merasa bahagia, cinta, bosan, frustasi, sedih dan kesetiaan.

Dokter hewan berlisensi dan konsultan kedokteran hewan Linda Simon mengatakan bahwa anjing memiliki cara untuk mengungkapkan perasaan mereka.

Misalnya saat ingin mengungkapkan rasa cintanya, anjing akan menggoyangkan buntutnya, atau akan berusaha naik ke pangkuanmu.
“Tapi menangis mungkin bukanlah salah satu ekspresi kesedihan,” ungkap Dr. Simon seperti dilansir dari Readers Digest, Rabu (14/7/2021).

Tapi, anjing tidak akan mengekspresikan kesedihan seperti manusia. Pelatih anjing veteran dan behavioris Jen Jones, pendiri Your Dog Advisor mengatakan bahwa anjing punya pemikirannya sendiri.
“Anjing tidak serumit manusia, terutama dalam hal emosi,” imbuhnya.

Apa yang membuat anjing merasa sedih?

Anjing merasa sedih karena banyak alasan yang sama seperti kita, seperti rasa sakit, kesepian, kehilangan, dan kesedihan,” kata Dr. Simon.

Meskipun sebagian besar kesedihan yang dialami anjing berlangsung sangat singkat. Namun, adapula anjing yang mengalami kesedihan yang sangat dalam dan bertahan lama.

Itulah mengapa kita sering mendengar kisah anjing yang setia menunggu tuannya yang sudah meninggal di sebelah pusaranya, untuk kembali.

Tapi itu bukan satu-satunya alasan. Sumber kesedihan lain yang dirasakan anjing adalah rasa kasihan mereka pada manusia, atau pemiliknya.
“Ketika manusia mereka sedih, seekor anjing juga sering mengungkapkan kesedihan, meskipun mereka tidak mengerti mengapa kamu merasa kesal,” kata Jones.

Baca juga: Tips Memelihara Kucing dan Anjing Bersama-sama

Anjing lebih cerdas secara emosional daripada yang kita tahu, terutama dalam hal membaca perasaan pemiliknya. Anjing sangat tertarik pada perasaan, emosi, ekspresi wajah, dan bahkan kesehatan kita.

“Jadi, meskipun anjing tidak dapat mengungkapkan kesedihan atau memikirkannya dengan cara yang sama rumitnya dengan manusia, mereka pasti memahami dan merasakan lebih dari yang mungkin kita sadari,” imbuhnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com